Sampah
Klungkung Gandeng MSP Unwar dalam Mewujudkan Kawasan Organik. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KLUNGKUNG – Pemerintah Kabupaten Klungkung merencanakan untuk mengembangkan kawasan organik di sekitar kawasan Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) Center, Karangdadi, Dawan. Realisasi pengembangan kawasan organik seluas 60 hektar tersebut ditargetkan mulai tahun 2022.

“Saya yakin terkait pembuatan kawasan organik harus jadi. Minimal target tahun 2022 kita sudah mulai, mungkin berapa hektar dulu untuk membikin kawasan organik,” kata Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta dalam sambutanya saat acara panen perdana cabai dan bawang merah yang merupakan hasil bagian dari kegiatan penelitian yang dilakukan Program Pascasarjana, Magister Sains Pertanian (MSP), Universitas Warmadewa (Unwar) di Klungkung pada Minggu (25/7/2021) Sore.

Baca Juga :  Ucap Syukur, DPD Gerindra Bali Melakukan Persembahyangan ke Pura Batur dan Besakih

Dalam upaya mewujudkan kawasan organik dengan memanfaatkan pupuk kompos TOSS Center, pemerintah Kabupaten Klungkung menggandeng Program Pascasarjana, MSP- Unwar. Nantinya MSP- Unwar diharapkan dapat memberikan masukkan dalam upaya meningkatkan kualitas pupuk kompos. Apalagi rencana untuk mengembangkan kawasan organik telah mendapatkan dukungan dari petani.

“Sehingga kompos kita ini apa yang harus kira-kira ditambah, EM4 atau eco enzyme. Sehingga nanti kita bisa menghasilkan pupuk yang baik,” ungkap Suwirta.

Menurut Suwirta, masukkan dari perguruan tinggi dalam bentuk kajian akademik sangat dibutuhkan sebagai bentuk pertanggungjawaban dan dalam upaya pengembangan ke depan. Termasuk dalam menghasilkan inovasi-inovasi baru yang sangat bermanfaat nantinya bagi pertanian.

Koordinator peneliti dari MSP Unwar, Dr. Ir. Yohanes Parlindungan Situmeang, M.Si., menyebutkan berdasarkan hasil uji coba menunjukkan pupuk kompos TOSS memberikan efek pertumbuhan baik pada tanaman. Begitu juga secara statistik ketika dibandingkan dengan pupuk komersial dan NPK, ternyata pupuk Kompos TOSS mampu memberikan hasil yang sama.

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News