Tirta Empul
Suasana pemandian suci di Pura Tirta Empul, Gianyar. Sumber Foto : aar/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, GIANYAR – Bagi anda yang sedang merencanakan untuk berlibur ke Pulau Bali, tentu akan memiliki banyak pertanyaan mengenai tempat wisata apa yang wajib dikunjungi untuk melengkapi hari libur anda di Bali.

Berbicara tentang destinasi wisata yang ada di Bali, tidak hanya selalu tentang wisata baharinya saja, tetapi Bali juga menyimpan banyak sekali destinasi wisata spritual yang sangat menarik untuk dikunjungi. Seperti salah satu destinasi wisata spritual yang akan tim kami bahas kali ini yang berada di Kabupaten Gianyar bernama Tirta Empul.

Destinasi spritual yang satu ini merupakan tempat pemandian suci, yang juga terdapat Pura didalamnya dan merupakan salah satu destinasi wisata spiritual yang sangat populer dikalangan wisatawan baik mancanegara maupun domestik.

Baca Juga :  Gianyar Memperingati 76 Tahun Indonesia Merdeka

Tirta Empul atau Pura Tirta Empul, merupakan sebuah istana pemandian suci yang terletak tepat dibawah istana Presiden Tampak Siring. Berlokasi di Kecamatan Tampak Siring, Kabupaten Gianyar, obyek wisata spiritual yang satu ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Dalam bahasa Bali, arti kata Tirta Empul memiliki arti air yang menyembur keluar dari dalam tanah. Dengan sumber mata air suci yang dimiliki, sampai saat ini Tirta Empul selalu digunakan untuk ritual pembersihan diri atau Melukat dan masyarakat sekitar sudah melakukan hal tersebut sejak abad ke-10.

Untuk dapat mencapai lokasinya, anda memerlukan waktu sekitar satu jam perjalanan darat dari Kota Denpasar, tidak sulit menemukan lokasinya karena memang nama Titra Empul sendiri sudah sangat mendunia. Untuk dapat memasuki areal objek wisata Tirta Empul, setiap wisatawan diwajibkan membayar tiket masuk sebesar Rp30 ribu dan biaya parkir kurang lebih Rp5 ribu.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here