Tirta Empul
Suasana pemandian suci di Pura Tirta Empul, Gianyar. Sumber Foto : aar/bpn

Di sebelah lokasi Tirta Empul, juga terdapat istana presiden Indonesia yang bernama Istana Tampak Siring. Karena adanya istana presiden di sebelah lokasi Pura, menjadi daya tarik utama dari Pura Tirta Empul dan membedakan dengan Pura lain yang ada di Pulau Bali.

Tirta Empul sangat dikenal, karena adanya mata air alami yang keluar di dalam areal Pura. Air dari mata air kemudian di salurkan ke area luar Pura melalui pancuran yang jumlahnya ada 26 pancuran. Pacuran air terbagi menjadi 3 kolam.

Baca Juga :  Bupati Sanjaya Apresiasi Karya Ageng Bhatara Turun Kabeh di Pura Puseh Bale Agung Desa Adat Padangan

Kolam paling barat memiliki 13 pancuran air, kolam tengah memiliki 8 pancuran air dan kolam paling timur jumlahnya 5 buah pancuran. Keunikan tersebut menjadikan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke Tirta Empul.

Jadi, jika anda sedang berlibur di Bali, sebaiknya anda meluangkan waktu untuk datang ke kawasan wisata pura Tirta Empul dan berkunjung ke Istana Presidennya. Akan banyak pengalaman dan hal baru yang akan anda ketahui, jika anda berwisata ke Pura Tirta Empul ini. (aar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News