PPDB
Aplikasi ePPDB di Buleleng Ciptakan Efisiensi dan Efektivitas Kerja. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Aplikasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara daring atau ePPDB yang digunakan di Buleleng menciptakan efisiensi dan efektivitas dalam penerimaan tahun 2021 ini.

“Tentu ePPDB ini sangat membantu kinerja dinas yang semula kita laksanakan secara manual, melelahkan dn memakan waktu. Sekarang kita menggunakan sistem,” ujar Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng Made Astika saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (30/6/2021).

Astika menjelaskan penggunaan aplikasi ePPDB merupakan tahap awal. Namun, dengan tahap awal oni, kinerja dalam penerimaan menjadi lebih efektif dan efisien. Baik dari segi waktu, proses seleksi sampai dengan pengumuman. Efisiensi juga tercipta dari segi penganggaran. Dalam penganggaran sebenarnya tidak banyak. Tapi, ketika melakukan rapat koordinasi antara pihak sekolah dan dinas di kabupaten membutuhkan biaya juga.

“Untuk itu dengan adanya sistem atau aplikasi ini, semua dapat di minimalisir. Penganggaran, waktu, dan pelaksanaannya,” jelasnya.

Baca Juga :  Sagung Antari Jaya Negara Buka Pelatihan dan Sosialisasi PMT Bagi Kader Posyandu di Sumerta Kauh

Pendaftaran secara daring ini sebenarnya amanah dari Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 1 tahun 2021 terkait pembatasan kerumunan. Dengan sistem yang telah disiapkan, kerumunan akibat pendaftaran atau PPDB bisa dihindarkan. Ini dikarenakan seluruh proses mulai dari pendaftaran bisa dikerjakan dari rumah.

“Sesuai juga dengan Peraturan Bupati Buleleng,” ucap Astika.

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News