Sampah
Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Ny Putri Suastini Koster. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pengelolaan sampah yang bisa dikatakan keliru dari tahun ke tahun sebelumnya, membuat Bali berada dalam posisi darurat sampah. Hal ini dikarenakan sampah hanya dipindahkan dari satu kabupaten ke tempat pembuangan akhir di kawasan Suwung, Denpasar.

Untuk melenyapkan sebutan Bali darurat sampah ini, perlu adanya sinergi antara pemerintah kabupaten dan aparat desa, khususnya sebagai garda terdepan dengan warganya dalam rangka menerapkan pengelolaan melalui pemilahan jenis sampah dari sumbernya.

Hal ini disampaikan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Ny Putri Suastini Koster saat memberikan pengarahan dalam webinar ‘Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber’ mendukung gerakan AKU Hatinya PKK dan Pencegahan Stunting tahun 2021 secara virtual, yang berlangsung di Jayasabha, Denpasar, Jumat (28/5/2021).

Sampah harus mendapatkan perhatian khusus agar alam Bali tetap asri. Pesona keindahan alam Bali selama ini menjadi daya jual di mata internasional, sehingga seyogyanya harus membekali diri dengan kebersihan lingkungan yang dimulai dari dapur rumah tangga itu sendiri.

Baca Juga :  Sambut Mudik Lebaran, Astra Motor Bali Hadirkan Layanan AHASS Siaga Plus di Jembrana

“Mari kita selaku kader PKK berperan serta mendukung program pengelolaan sampah berbasis sumber, sehingga sampah akan terpilah sejak awal yang nantinya saat dilakukan pengangkutan akan lebih mudah dan tidak bercampur antara organik dan non-organik. Karena seorang pemimpin termasuk kader PKK bukan hanya memberi contoh, tetapi lebih spesifik sebagai individu yang menjadi contoh,” tegas Ny Putri Koster.

Dengan pengelolaan sampah yang baik dan benar, maka resiko ke depan bagi lingkungan dan generasi muda juga akan kecil bahkan dapat dihilangkan. Diharapkan Ny Putri Koster, agar seluruh desa di Bali dapat melakukan gerakan memilah sampah berbasis sumber, sehingga keinginan untuk menciptakan ‘Desaku Bersih Tanpa Mengotori Desa Lain’ akan terwujud di seluruh Bali.

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News