Honda PCX160
Tips Atasi Pegal Saat Riding Ergonomi Bersama Honda PCX160. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Berkendara terlalu lama dengan menggunakan sepeda motor dalam perjalanan jarak jauh tentunya membuat badan menjadi mudah lelah. Kondisi ini terkadang sering dialami oleh pemotor terutama yang tidak terbiasa melakukan perjalanan jauh.

Seluruh badan akan terasa kaku, mata terasa berat, kaki pegal dan yang paling terasa adalah bagian punggung. Memperhatikan postur tubuh saat berkendara adalah salah satu fokus pengendara saat mengendarai motor agar tidak mudah lelah.

Berikut ada tujuh jurus yang harus menjadi perhatian saat berkendara, yaitu :

  1. Kepala dan mata posisi tegak dan mata lurus ke depan untuk mendapatkan informasi sebanyak mungkin saat berkendara, jangan sampai tertunduk, hilang fokus sejenak, apalagi sembari bermain ponsel, sangat tidak disarankan. Tapi jika mau terima telepon alangkah baiknya berhenti sejenak.
  2. Pundak jangan tegang, terutama di area pundak karena akan mengakibatkan kaku saat berkendara dan mudah lelah, lemesin saja dan rileks.
  3. Posisi siku sedikit menekuk dan jangan kaku, selain untuk kenyamanan juga untuk kestabilan saat kita melibas jalan rusak.
  4. Tangan pengendara harus mantap memegang stang kemudi, jangan sampai jari-jari hanya ‘Siaga’ di-handle rem depan yah! berbahaya jika kita rem mendadak sepeda motor akan tetap nyelonong karena grip gas masih ditarik jari, kalau rem belakang boleh jarinya ‘Siaga’.
  5. Posisi duduk menentukan prestasi pengendara, jangan terlalu depan, jangan terlalu belakang, yang sedang sedang saja.
  6. Lutut lurus jangan terbuka karena kalau terbuka riskan tersenggol oleh kendaraan lain di samping, dan biar tidak masuk angina.
  7. Posisi kaki pastikan sejajar di dek atau footpegs motor agar mendapatkan kestabilan menyeluruh.
Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News