edelweiss
Ny Putri Koster Minta Bupati Kembangkan Potensi Bunga Kasna. Sumber Foto : Istimewa

Terkait dengan ini, ia berharap Bupati Karangasem dapat lebih serius dalam membangkitkan potensi bunga kasna dan memberikan pembinaan bagi para petani, baik dari sisi pembudidayaan maupun dari sisi pemasaran.

Langkah pertama yang ia harapkan adalah para petani di lereng selatan Gunung Agung bisa membentuk koperasi, sehingga hasil panen bunga kasna para petani bisa ditampung di koperasi serta menjaga harga tetap wajar. Untuk itu, ia berharap Dinas Koperasi dan UMKM dapat memfasilitasi. “Jika semua bisa terwujud, saya yakin para petani bisa sejahtera,” katanya.

Baca Juga :  Pelaku Pembuang Bayi di Garase Belum Terungkap

Ny Putri Koster yang juga seorang seniman multitalenta mengatakan bahwa ini sesuai dengan visi misi Gubernur Bali ‘Nangun Sat Kerthi Loka Bali’ melalui pembangunan semesta berencana, yang berujung pada pembangunan manusia dan kesejahteraan masyarakat Bali.

“Jika bisa terwujud, selain mengangkat kesejahteraan masyarakat petani di Desa Temukus lereng Gunung Agung, juga bisa membuat kerajinan dari bahan bunga kasna dengan ciri khas Bali, kemudian bisa dipasarkan hingga ke kancah internasional,” ujarnya, mengharapkan.

Sementara itu, Bupati Karangasem Gede Dana menyambut baik dan mengapresiasi ide dari Ketua Dekranasda Provinsi Bali. Selanjutnya, pihaknya akan gencar melakukan pembinaan dan memulai penataan manejemen terhadap budidaya bunga kasna tersebut. Ia berharap, dengan manajemen yang baik dan terstruktur akan memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat Karangasem.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali Wayan Jatra, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Bali Wayan Mardiana, Wakil Bupati Karangasem Artha Dipa serta undangan terkait.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News