Sampah
Ny. Putri Koster Berbagi Jurus Jitu Penanganan Sampah Agar Tak Jadi Bom Waktu. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster makin gencar menyosialisasikan upaya penanganan sampah berbasis sumber agar tak menjadi bom waktu bagi kehidupan manusia.

Bicara di acara Dialog Khusus ‘Lingkungan Bersih, Keluarga Bahagia dan Sejahtera’ TVRI Bali, Jumat (21/5/2021) Ny. Putri Koster yang didampingi Perbekel Desa Punggul Kadek Sukarma berbagi sejumlah jurus jitu dalam penanganan sampah. Jurus jitu tersebuy, yaitu jangan memindahkan sampah ke tempat lain dan jangan memproduksi banyak sampah.

Baca Juga :  Pemkot Denpasar Salurkan 107 Paket Bantuan Sembako Kepada Jumantik Kecamatan Dentim, Bentuk Apresiasi Sebagai Garda Terdepan Cegah DBD

Bercermin dari pengalaman yang telah lewat, Ny. Putri Koster mengajak masyarakat meninggalkan pola lama. Yaitu, hanya berorientasi lingkungan bersih, tapi sampahnya dipindah ke wilayah lain.

“Ini akan menjadi bom waktu,” katanya.

Selain itu, masyarakat harus mulai berusaha mengurangi produksi sampah. Untuk menerapkan kedua jurus tersebut, menurutnya sangat dibutuhkan pola dan sistem yang tepat, dan ia menilai Pemprov Bali di bawah kepemimpinan Gubernur Wayan Koster telah melakukan sebuah langkah cerdas.

Langkah cerdas itu adalah dikeluarkannya dua regulasi yang berkaitan dengan penanganan sampah.  Yaitu Pergub Nomor 97 Tahun 2018 Tentang Pembatasan Timbulan Sampah Plastik Sekali Pakai dan Keputusan Gubernur Nomor 381/03-P/HK/2021 tentang Pedoman Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber di Desa/Kelurahan dan Desa Adat.

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News