UMKM
Sekda Adi Arnawa saat membuka Kegiatan Peningkatan, Pemahaman dan Pengetahuan Usaha Mikro serta Kapasitas dan Kompetensi SDM Usaha Mikro Melalui Pelatihan e-Commerce di Puspem Badung, Senin (24/5/2021). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Dalam era digital, arus komunikasi menjadi semakin mudah, cepat dan murah. Untuk meningkatkan jangkauan pemasaran, UMKM agar memanfaatkan media sosial, e-commerce untuk memasarkan produk. Karena dapat menjangkau pasar yang lebih luas, efisien, memperpendek jarak distribusi produk sehingga konsumen mendapatkan harga yang lebih murah.

“Demikian pula dengan strategi pemasaran yang baik, tentunya akan membuat aktivitas marketing berjalan dengan lebih efektif,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa saat membuka Kegiatan Peningkatan, Pemahaman dan Pengetahuan Usaha Mikro serta Kapasitas dan Kompetensi Sumber Daya Manusia Usaha Mikro Melalui Pelatihan e-Commerce yang diselenggarakan oleh Dinas  Koperasi, UKM dan Perdagangan di Ruang Rapat kantor setempat, Senin (24/5/2021).

Baca Juga :  Bank Indonesia Bali Buka Penukaran Uang Rupiah di Daerah Wisata Pantai Kuta Kabupaten Badung Bersama Bendesa Adat

Lebih lanjut Adi Arnawa mengatakan disamping pemasaran penting perlunya evaluasi produk dengan cara melakukan inovasi demi mendapatkan produk terbaik.

“Ciptakan hubungan baik dengan konsumen, melayani dengan personal touch yang membuat konsumen merasa istimewa, akan menjadi nilai tambah dari produk yang diberikan,” ujarnya.

Sekda Adi Arnawa juga menambahkan UKM tetap bisa bertahan disaat krisis. Untuk itu pihaknya memiliki komitmen untuk terus mendorong tumbuhnya UKM di Kabupaten Badung dengan memberikan pendampingan, baik dari legalitas perijinan, khususnya untuk perijinan usaha mikro kecil.

Sehingga dapat memudahkan untuk memperoleh ijin usaha serta pendampingan pelatihan sumber daya manusia lewat sertifikasi, bantuan peralatan sampai ke akses pasar, baik dalam daerah maupun luar daerah.

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News