UMKM
Diskop Denpasar Gelar Diklat Keterampilan Bagi UMKM. Sumber Foto : Istimewa

BAIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dalam upaya meningkatkan nilai produk dari pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM), Dinas Koperasi dan UMKM Kota Denpasar menggelar diklat keterampilan dalam bidang kuliner.

Diklat yang menyasar 70 orang peserta dari seluruh desa/kelurahan di Kota Denpasar ini memberikan pengetahuan di bidang teori dan praktek yang nantinya diharapkan mampu bersaing dan meningkatkan pasar.

Kepala Dinas Koperasi (Diskop) dan UMKM Kota Denpasar Made Erwin Suryadarma Sena, usai kegiatan yang berlangsung di Gedung Dharma Negara Alaya (DNA), Senin (26/4/2021), mengatakan, kegiatan ini bekerja sama dengan Bali Chef Community (BBC) yang nantinya akan berperan dalam memberikan pelatihan kepada pasar peserta. Disamping itu, kegiatan ini juga didukung oleh Bank BPD Bali terutama dalam pengadaan alat pelindung diri (APD) bagi para peserta, mengingat saat ini masih dalam suasana pandemi Covid-19.

Erwin menjelaskan, kegiatan ini merupakan kelanjutan dari tahun lalu yang telah sukses dilaksanakan. “Tahun lalu kami juga melaksanakan kegiatan yang sama, dan itu di luar ekspetasi kami. Ternyata mereka (peserta pelatihan) benar-benar merasakan manfaatnya, sehingga kami kembali melaksanakan tahun ini dengan peserta yang masih terbatas hanya 70 orang,” ujarnya.

Bidang kuliner menjadi sasaran diklat baik tahun ini dan tahun sebelumnya, jelas Erwin, mengingat trend usaha di sektor ini masih sangat tinggi. Dan di tengah pandemi Covid-19, sektor ini yang mampu bertumbuh, sehingga patut untuk dikembangkan. Demikian alasan lainnya, menurut Erwin, selama ini pihaknya sudah sering menggelar diklat ataupun pelatihan yang menyasar bidang fashion, sehingga saat ini kuliner lebih difokuskan.

“Kuliner ini yang sebelumnya jarang mendapat sentuhan, sehingga kami lebih fokus di bidang kuliner saat ini,” terangnya.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini