LPD Kedonganan
Meski Pandemi, LPD Kedonganan Tetap Berbagi Beras dan Daging Saat Galungan dan Kuningan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Meski setahun lebih pandemi Covid-19 berlangsung, Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Desa Adat Kedonganan tetap dapat berbagi daging dan beras menyambut Hari Raya Galungan dan Kuningan.

Saat banyak LPD tempat lain tidak dapat bergerak, LPD Kedonganan mampu memberikan 10 ton lebih daging babi dan ayam. Begitu juga 29 ton beras kepada krama desa adat dan nasabah.

Sebagai lembaga melakukan usaha di sektor keuangan, lembaga keuangan milik Desa Adat ini dikatakan memang tidak berorientasi pada keuntungan perusahaan semata, melainkan condong pada kemanfaatan.

“Jadi konsep LPD ini lebih condong pada labda atau kemanfaatannya, bukan profitnya tapi benefitnya dalam menopang kehidupan adat budaya agama masyarakatnya,” sebut Wayan Merta, Bendesa Adat Kedonganan pada Senin (12/4/2021).

Baca Juga :  5.600 Petugas Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Jalani Vaksinasi Covid-19

Wayan Merta juga mengatakan pencapaian LPD Desa Adat Kedonganan tidak hanya lantaran jiwa tanggung jawab sosialnya kepada nasabah dan krama, baik krama wed (asli) maupun krama tamiu (pendatang), namun juga diakui tanggung jawab spiritual segenap pengurusnya dari dahulu.

“Para pengurus LPD ini saat itu meupasaksi (berjanji, red) di Pura Dalem, apa isinya, kita tidak hanya bertanggung jawab kepada manusia, tapi juga kepada beliau, sehingga membuat kami tidak berani macem-macem,” ungkapnya.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here