Masjid Al Hikmah Kertalangu
Masjid Al Hikmah Kertalangu, Simbol Kerukunan Antar Umat Beragama di Kota Denpasar. Sumber Foto : aar/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Keindahan bangunan Masjid Al Hikmah di Jalan Soka, Banjar Kertalangu, Kesiman, Denpasar Timur, menyimpan daya tarik tersendiri bagi siapapun yang melihatnya.

Betapa tidak, bangunan Masjid ini memiliki keunikan dari segi estetikanya, yang dihiasi dengan ornamen ciri khas kebudayaan Bali dari sisi luarnya, serta juga memiliki perpaduan unik antar budaya Jawa, Timur Tengah, Bali, hingga Tionghoa yang menghiasi setiap sudut bagian dalam dari bangunan Masjid Al Hikmah Kertalangu ini.

Akulturasi dari setiap budaya yang menjadi ornamen pada bangunan Masjid Al Hikmah Kertalangu ini, menjadikannya sebuah simbol kerukunan antar umat beragama yang dimiliki oleh masyarakat Kota Denpasar. Dalam kesehariannya, baik umat Hindu dan Muslim di sekitarnya selalu hidup bersahaja dan saling bergotong royong.

Dalam kesempatannya, Ketua Takmir Masjid Al Hikmah Kertalangu, H.M Suwarno, SH., menjelaskan. Saat pendirian Masjid Al Hikmah, pertama kali di tahun 1978 pembangunannya memang banyak melibatkan pekerja asal Bali, yang pengerjaan ukiran ornamennya dikerjakan langsung oleh arsitek asal Bali, almarhum Wayan Kasim dari Pegayaman, Buleleng.

Baca Juga :  Persiapan Film Baru, Dea Imut Bicara Harmonisasi Bali di ITB STIKOM Bali

Di sisi luar, ornamen Bali yang terdapat di Pintu Gerbang Masjid, terlihat jelas dari atas hingga sisi kanan dan kiri pintu dihiasi dengan ukiran Bali, dan pintu utama di tengah-tengahnya ada angkul-angkul (gapura) dipadu dinding pagar berukiran khas kebduayaan Bali.

Masjid Al Hikmah Kertalangu
Ketua Takmir Masjid Al Hikmah Kertalangu, H.M Suwarno, SH. Sumber Foto : aar/bpn

Dan jika kita masuk dari pintu depan Masjid, akan terlihat prasasti nama Masjid Al Hikmah yang ditulis dengan aksara Bali. Di dalam masjid juga pada pintu-pintu di bagian tengah berukiran Bali, selain itu di sudut bangunan masjid terdapat tiang penyangga dari kayu yang juga berukiran Bali.

1 KOMENTAR

  1. Alhamdulillah semoga tempat ibadah kami masjid Al-Hikmah bisa menjadi pengingkat ukuah dan menjadi maskot kota Denpasar sebagai cermin alkulturasi budaya dan sebagai simbul kerukunan antar umat ber agama aamiiiiiiiin

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini