Keju
Ni Made Sri Hartati. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASARKomitmen PT Pertamina (Persero) dalam mendukung usaha mikro dan kecil (UMK) melalui Program Kemitraan diwujudkan dalam berbagai program UMK naik kelas. Tujuannya agar usaha kecil bisa terus berkembang hingga mencapai tujuan UMK Go Global. Terutama dengan bisa mengenalkan produk asli Indonesia agar dapat dipasarkan ke mancanegara.

Misi inilah yang sedang dikejar oleh Ni Made Sri Hartati. Salah satu mitra binaan Pertamina pemilik usaha PT Pasti Enak yang berlokasi di Jalan Rama Semarapura Klungkung Bali. Mimpi Sri Hartati adalah bisa membuat dan menyediakan keju berstandar internasional berkualitas tinggi di Indonesia. Bagaimana caranya?

“Pada tahun 2010 silam, saya dan suami memutuskan untuk menjual semua yang kami miliki untuk bisa ke Amerika Serikat untuk belajar pembuatan keju dan Affinage (seni penuaan keju) dari pembuat keju profesional dan beberapa dosen universitas,” ujarnya, Senin (5/4/2021). Lima tahun berselang, tepatnya pada tahun 2015, Sri Hartati pun memutuskan kembali ke Indonesia untuk menerapkan ilmunya.

Baca Juga :  Pemkab Badung Buka Pendaftaran Banpres BPUM, Pelaku UMKM Dapat Bantuan Rp1,2 Juta

Satu tahun pertama, ia gunakan untuk membangun sarana, perijinan dan pembentukan tim. Sri Hartati memakai peralatan modern hingga membuat gua untuk pemeraman keju (tempat untuk menyimpan keju dalam waktu lama). Tentunya seluruh bahan baku yang dipakai merupakan produk asli tanah air.

“Saya terkesan dan bangga karena Indonesia bisa menghasilkan susu sebagai bahan baku keju dengan kualitas tinggi,” imbuhnya.

Selain menawarkan produk keju dengan standar Eropa, lanjut Sri Hartati, dirinya juga tengah mengembangkan resep untuk dapat menciptakan keju-keju asli Indonesia. Di mana keju yang dibuat dari susu asli Indonesia oleh orang Indonesia dan nantinya memiliki cita rasa yang khas dan tidak ditemukan pada jenis keju lain di Indonesia.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here