Abrasi
Bahas Penataan Ruang Laut dan Kawasan Pesisir, Kemenko Kemaritiman dan Investasi Kunjungi Jembrana. Sumber Foto : Istimewa

Bupati Tamba juga mengajak jajaran Kemenko Marves meninjau Sentra Perikanan Pengambengan serta pacuan kerbau dan saluran irigasi yang dikerjakan oleh masyarakat sebagai program padat karya tunai. Diperlukan pembuatan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) untuk mengolah limbah rumah tangga sebelum dialirkan ke air laut.

Dari hasil peninjauan tersebut, Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi, Ayodhiya  Kalake mengatakan kehadirannya ke Kabupaten Jembrana tentunya tidak hanya untuk melihat abrasi akan tetapi  berencana mengembangkan wilayah kawasan Pelabuhan Penyebrangan Gilimanuk. Dikarenakan Pelabuhan Gilimanuk itu merupakan pintu masuk Bali. Maka dari itu ia ingin mengembangkan kawasan gilimanuk menjadi kawasan yang tertata sehingga bermanfaat untuk kesejahteraaan masyarakat sekitar.

Baca Juga :  Jembrana Terima Dana BKK dan Hibah Rp100 Miliar Lebih, Bupati Tamba: Wujud Rasa Sayang Badung

“Pengembangan kawasan Pelabuhan Gilimanuk yang merupakan pintu masuk Pulau Dewata kalau sudah tertata dengan baik akan bisa bermanfaat untuk masyarakat sekitarnya,” kata Deputi Ayodhiya Kalake.

Selain itu, Deputi juga mengatakan, soal abrasi di beberapa pantai yang ada di Kabupaten Jembrana sebelumnya, ia sudah berkoordinasi dengan pihak Balai dan pihak Kementerian PUPR. Dari kordinasi itu akan segera dicarikan penanganan abrasi dengan cara semaksimal mungkin.

“Kami sudah berkoordinasi dengan pihak Balai dan Kementrian PUPR untuk penanganan abrasi yang ada di beberapa pantai yang ada di Kabupaten Jembrana dengan semaksima mungkin dan tidak setengah-setengah tentunya,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengatakan sebelumnya ia sudah sempat bertemu dengan Kemenko Polhukam guna mengawali dirinya sebagai Bupati Jembrana dengan berdiskusi mengenai permasalahan dan peluang ke depan di Kabupaten Jembrana.

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News