Hari Air Dunia
Sumber Foto : Istimewa

Di pilar kesehatan, pertama kali Astra “menyentuh” Rote Ndao pada tahun 2016 melalui program #GenerAKSISehat Indonesia dengan menyerahkan 2.000 kacamata untuk anak-anak yang mengalami gangguan penglihatan. Kemudian, Astra juga melanjutkan kontribusi sosial antara lain dengan intervensi gizi dan penurunan stunting di 11 desa disertai dengan pelatihan dan pendampingan gizi di posyandu bersama para pendamping desa.

Astra bersama dengan YPA-MDR dan YAHM telah melakukan pembangunan instalasi air bersih dengan panjang pipa yang sudah terbangun sepanjang 13,3 km dari total panjang pipa 17,19 km yang melingkupi tiga kecamatan, yakni Kecamatan Rote Barat, Kecamatan Rote Barat Daya, Kecamatan Loaholu, tujuh desa, dan 13 dusun.

Baca Juga :  Indahnya Berbagi, Astra Motor Bali Serahkan Hewan Qurban Kepada Masyarakat

Di pilar pendidikan, Astra melalui YPA-MDR telah melakukan pembinaan empat pilar, yakni pilar akademik, karakter, seni budaya, dan kecakapan hidup, untuk 15 sekolah di Rote Ndao. Program unggulan kegiatan pembinaan dilakukan dengan mengirimkan Guru Muda   Garda   Depan   dan   bantuan   pembangunan   sarana prasarana pembelajaran sesuai Standar Pelayanan Minimal di beberapa sekolah.

Di pilar kewirausahaan, sejak tahun 2018 Astra juga telah melakukan pemberdayaan masyarakat dalam bidang ekonomi di Rote Ndao dalam program Desa Sejahtera.

Astra bersama Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) di sebelas desa, dengan produk unggulan berupa rumput laut. Astra melakukan pelatihan, pendampingan, bantuan prasarana dan sarana seperti motor pengangkut, gudang, waring dan alat kerja lainnya.

Selain itu, Astra juga turut melakukan perluasan offtaker/buyer. Program ini telah mampu meningkatkan pendapatan masyarakat sebesar 25%.

Baca Juga :  Pastikan Pasokan Listrik Industri Oksigen Aman, Erick Thohir Sidak ke Pusat Pengatur Beban Jamali

Terakhir, di pilar lingkungan, Astra berkomitmen untuk melakukan penanaman 1.000 pohon di Rote Ndao.

Berbagai upaya Astra  dalam  meningkatkan  kualitas  hidup  masyarakat  sejalan dengan cita-cita Astra untuk Sejahtera Bersama Bangsa dan sasaran SDGs.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini