Hari Air Dunia
Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA Dampak positif dari berbagai program kontribusi sosial berkelanjutan Grup Astra yang dijalankan di 13 desa dan empat kecamatan di Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT), dalam lima tahun terakhir telah dirasakan oleh 7.667 orang.

Sebagai bagian dari program kontribusi sosial tersebut, Astra pada hari Senin (22/3/2021) meresmikan instalasi air bersih dan sekolah di Rote Ndao. Peresmian secara virtual ini bertepatan dengan Hari Air Dunia yang jatuh pada 22 Maret 2021 sekaligus sejalan dengan lima sasaran Sustainable Development Goals (SDGs), yakni Tanpa Kemiskinan, Tanpa Kelaparan, Pendidikan Bermutu, Air Bersih dan Sanitasi Layak, serta Menjaga Ekosistem Darat.

Baca Juga :  Pengumuman Pembatalan Maybank Marathon 2020

Melalui kegiatan ini, Astra membantu penyediaan air bersih di Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur, sekaligus ingin mengajak masyarakat Indonesia lebih peduli terhadap   kelestarian   lingkungan   dan   bijak   dalam   menggunakan   air   demi mewujudkan Indonesia yang sehat dan nyaman pada saat ini dan generasi mendatang.

Ketersediaan air merupakan kebutuhan dasar manusia dan terus meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk. Namun, hingga kini penyediaan air bersih yang layak masih menjadi tantangan besar di Indonesia. Rendahnya akses sanitasi dan air bersih terbukti menjadi salah satu faktor yang dapat memengaruhi pertumbuhan seorang anak hingga dapat menyebabkan stunting secara tidak langsung.

Baca Juga :  Kunci Layanan Maksimal, Petugas PLN Terima Vaksinasi Covid-19

Menurut data Badan Pusat Statistik pada 2020, walaupun rata-rata persentase penduduk yang memiliki akses terhadap air minum layak di daerah perkotaan sudah mencapai 96,08%, tetapi persentase yang lebih rendah ditemukan di daerah perdesaan sebesar 82,74%.

Oleh sebab itu, Astra bersama dengan Yayasan Pendidikan Astra, Michael D. Ruslim (YPA-MDR) dan Yayasan Astra Honda Motor (YAHM) berkomitmen untuk menyediakan instalasi air bersih di pulau  terluar bagian  selatan Indonesia  yaitu Kabupaten Rote Ndao.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini