Nutrisi
Entrasol Kupas Tuntas Vaksin Covid-19 dan Nutrisi untuk Lansia. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – Covid-19 dapat menyerang segala usia, terutama warga lanjut usia (lansia), dikarenakan sistem imun mereka yang semakin menurun seiring pertambahan usia. Penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa berusia di atas 60 tahun, terutama mereka yang memiliki penyakit penyerta atau komorbid lebih mungkin mengalami infeksi virus corona yang lebih parah, bahkan mematikan dibandingkan kelompok usia lainnya.

Faktanya, Gugus Tugas menyebutkan, 10,7% kasus terkonfirmasi positif Covid-19 menyerang kalangan lansia (di atas 60 tahun), bahkan kelompok usia ini mencatat 48,8% kasus pasien meninggal dunia akibat Covid-19, dan menjadi kelompok usia dengan  jumlah  kasus  meninggal  dunia  terbesar  dibandingkan kelompok  usia  lainnya.

Baca Juga :  PT Honda Prospect Motor Umumkan Shugo Watanabe Sebagai Presiden Direktur Baru

Dari total 37.154 pasien  Covid-19 yang meninggal di Indonesia hingga  6  Maret 2021, sebanyak 18.131 adalah lansia. Artinya lansia memerlukan perhatian khusus agar terlindung dari berbagai risiko  Covid-19. Salah satu caranya adalah dengan menjaga nutrisi harian serta pemberian vaksin bagi lansia.

Saat ini pemerintah sedang menjalankan program vaksinasi untuk lansia. Adapun lansia di Indonesia saat ini mencapai 28,7 juta jiwa atau 10,6 persen dari jumlah penduduk3, namun hanya 21,5 juta jiwa yang ditargetkan  menerima  vaksinasi  sepanjang  program  vaksinasi Covid-19 untuk lansia  ini. Pemberian vaksin pada lansia harus dilakukan  secara  hati-hati  dan  melalui  proses  skrining  yang  ketat  sebelum dokter memutuskan untuk memberi persetujuan vaksinasi.

Baca Juga :  Turnamen Kartu Pokémon Regional League 2023-24 Indonesia Vol. 3 Siap Digelar di Bali

Berangkat dari kenyataan serius tersebut, KALBE Nutritionals melalui brand Entrasol dengan produknya yaitu Entrasol Senior, nutrisi harian untuk membantu meningkatkan imunitas agar lansia tetap aktif.

Berkolaborasi dengan Perhimpunan Gerontologi Medik  Indonesia (PERGEMI) dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyelenggarakan  kegiatan Health Talk (Bincang Sehat) bertema Entrasol Kupas Tuntas Vaksin Covid-19 & Nutrisi untuk Lansia yang berlangsung secara virtual dan terbuka untuk umum pada Minggu (7/3/2021) kemarin. Kolaborasi ini bertujuan mengedukasi masyarakat terkait program vaksinasi yang telah dilaksanakan pemerintah dan nutrisi khusus lansia.

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News