Desa Sekumpul
Sembari menunggu, perbaikan sementara ruas jalan tersebut dilakukan pada hari Jumat (19/3/2021) lalu. Secara gotong royong dikerjakan oleh pihak dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), DPUTR, Kecamatan Sawan, dan masyarakat dari tiga desa yang dihubungkan dengan jalan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Ruas jalan kabupaten di Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng segera diperbaiki dan diperkuat. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng menyiapkan pagu anggaran sebesar Rp625 juta untuk perbaikan dan penguatan jalan yang merupakan penghubung tiga desa yaitu Desa Sekumpul, Desa Galungan dan Desa Lemukih, Kecamatan Sawan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Buleleng I Putu Adiptha Ekaputra saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Minggu (21/3/2021).

Adiptha Ekaputra menjelaskan paket pengerjaan perbaikan ruas jalan kabupaten di Desa Sekumpul tersebut masih dalam tahap tender di Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) Buleleng. Pagu anggaran sudah disiapkan sebesar Rp625 juta. Angka tersebut juga sudah masuk dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA). Direncanakan pada akhir April 2021 nanti sudah ditentukan pemenang tender tersebut.

“Semoga tidak gagal tender. Setelah ada pemenang, kita segera kerjakan paket perbaikan jalan di Desa Sekumpul itu,” jelasnya.

Baca Juga :  Turun Drastis! Angka Prevalensi Stunting Buleleng Tahun 2024 Sentuh 3,5 Persen

Selain perbaikan dilakukan juga penguatan pada ruas jalan tersebut. Ini dilakukan mengingat ruas jalan di Desa Sekumpul ini kerap kali jebol pada saat hujan mengguyur sangat deras. Adanya saluran air yang alirannya tidak lancar menyebabkan hal tersebut. Sehingga air meluber ke jalan dan merusak hingga jebol. Oleh karena itu, saluran air ini juga diperbaiki sekaligus dengan penguatan jalan.

“Kita akan perbaiki dulu saluran airnya biar lancar lalu perbaikan serta penguatan jalan. Diharapkan nanti ketika hujan deras tidak jebol lagi,” ucap Adiptha Ekaputra.

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News