Tahun Baru Caka
Sumber Foto : Humas Buleleng

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Tawur Agung Kesanga (upacara penyucian) menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1943 tahun 2021 di Kabupaten Buleleng, Bali akan dipuput (dipimpin) oleh Sarwa Sadhaka. Sebelumnya, Tawur Kesanga hanya dipimpin Tri Sadhaka.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kebudayaan Buleleng, Gede Dody Sukma Oktiva Askara saat ditemui usai memimpin paruman (rapat) Sulinggih (pendeta) se-Kabupaten Buleleng di Puri Sasana Budaya, Jumat (22/1/2021).

Dody Sukma menjelaskan berdasarkan hasil rapat dengan para sulinggih, pelaksanaan Upacara Tawur Agung Kesanga tahun 2021 akan dipuput oleh Sarwa Sadhaka. Tetap berpedoman pada Tri Sadhaka. “Lebih banyak yang muput kan lebih bagus. Ini juga untuk keajegan Kabupaten Buleleng. Selain itu juga ini semua untuk keselamatan kita semua,” jelasnya.

Kesepahaman ini sebenarnya bermuara dari Surat Edaran (SE) Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi Bali. Dimana, dalam pembahasan bersama antara prajuru (pengurus) adat dengan Pemkab Buleleng yang melibatkan berbagai unsur, sudah mencapai kesepahaman. Dalam beberapa pertemuan, pelaksanaan Tawur Kesanga tingkat Kabupaten ini akhirnya menuai respon yang baik. Tentang lokasi, pelaksanaan prosesi dan lainnya.

Baca Juga :  Tuntaskan Wilayah Blankspot, Pemerintah Daerah Diminta Akomodir Kebutuhan Masyarakat

“Intinya sudah ada kesepahaman, Tawur Agung Kesanga tetap dilaksanakan di Catus Pata depan Puri Sasana Budaya Singaraja sesuai dengan pelaksanaanya dua tahun lalu. Tetap menjalankan fungsi Tri Sadhaka. Namun, dilaksanakan oleh Sarwa Sadhaka,” ucap Dody Sukma.

Dody Suksma juga mengatakan penggunaan Sarwa Sadhaka ini untuk saling menghormati dan mengakomodasi. Mengenai posisi tempat pemujaan (pemiosan) akan diatur oleh PHDI Buleleng sebagai pelaksana Tawur Agung Kesanga.

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News