Tahun Baru Caka
Sumber Foto : Humas Buleleng

“Tawur Agung Kesanga yang dilaksanakan tetap sebagaimana sebelumnya. Yakni Tawur Manca Kelud dengan pembiayaan dari anggaran daerah, dan tempat para Sulinggih  muput upacara disamaratakan,” katanya.

Sementara itu, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana saat memimpin rapat dengan PHDI, Disbud dan Bagian Kesra mengungkapkan, siapapun yang akan muput pada saat pelaksanaan Tawur Agung Kesanga, pihaknya tidak mempermasalahakan itu. Tri Sadhaka maupun Sarwa Sadhaka sama saja.

“Toh juga tujuan dari persembahyangan itu sama yakni meminta keselamatan maupun kerahayuan dari yang maha kuasa,” ungkapnya.

Dirinya tidak memungkiri bahwa pada saat pelaksanaan Tawur Agung Kesanga yang akan dipuput Sarwa Sadhaka lebih kompleks. Ini dikarenakan akan dipuput mulai lima sampai sembilan Sadhaka. Ataupun seluruh klan (soroh) yang ada di Kabupaten Buleleng.

Baca Juga :  Pedagang di Pasar Banyuasri Dijadwalkan Mulai Beraktivitas 26 Maret 2021

“Saya tidak mempermasalahkan itu. Ini juga merupakan permohonan dari masyarakat Buleleng. Pada intinya semakin banyak yang muput ini kan semakin baik,” tutup Agus Suradnyana.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng mulai mempersiapkan pelaksanaan Tawur Agung Kesanga Pada Tilem Kesanga, Saniscara Pon Wuku Gumbreg Tanggal 13 Maret 2021 mendatang. Tawur Agung Kesanga akan kembali digelar bersama warga masyarakat Buleleng di Catus Pata Depan Puri Sasana Budaya Singaraja. Hanya saja pelaksanaan kali kini harus tetap mengikuti protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19.(ama/humas-bllng/bpn)

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here