Lonjakan Covid-19
Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA Jumlah kasus positif Covid-19 di Jembrana kembali meningkat. Bahkan Kabupaten Jembrana kini kembali masuk zona merah penularan. Secara kumulatif, kasus positif mencapai 913 orang, pasien sembuh 819 dengan catatan kasus kematian sebanyak 28 orang.

Terhadap kembali melonjaknya angka kasus positif di Jembrana, Bupati Artha menyebut disebabkan banyak factor, diantaranya menurunnya tingkat disiplin masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Harus kita akui sekarang masyarakat agak kendor. Kita juga serba salah melakukan penindakan karena keterlibatan masyarakat dalam jumlah cukup besar terjadi saat pelaksanaan kegiatan adat dan agama. Khususnya upacara kedukaan,“ kata Artha didampingi Pj. Sekda Jembrana Nengah Ledang, Aasisten II, Asisten III, Kepala BPBD Jembrana serta Kadis Kesehatan Jembrana, Selasa (5/1/2021).

Baca Juga :  Wagub Cok Ace Rapat Dengar Pendapat Bersama BLUD DPD RI

Guna mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus tersebut, Jajaran Satgas Covid-29 di Jembrana mengaku tidak tinggal diam. Beberapa langkah strategi penanganan kata Artha sudah dilakukan secara terus menerus. Diantaranya melakukan giat sosialisasi penerapan protokol kesehatan (prokes) turun ke masyarakat.

Kegiatan itu secara rutin dilakukan bersama seluruh jajaran terkait. Selain sosialisasi, juga ditindaklanjuti dengan operasi penegakan. Penindakan dimasyarakat juga dilakukan rutin tiap dua hari sekali. Jajaran Pol PP turun bersama Kepolisian, TNI mengadakan operasi penegakan 3M dan protokol kesehatan.

“Masyarakat terus kita ingatkan agar senantiasa disiplin. Tidak hanya menerapkan 3M tadi, tapi juga menghindari kerumunan serta menjaga kesehatan lingkungan guna mencegah penularan,” kata Artha.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here