Dana Desa
Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Kabupaten Buleleng berhasil meraih terbaik kedua di Provinsi Bali mengenai pengelolaan dana desa tahun 2020. Ini berkat pendampingan kepada desa secara intensif. Termasuk penyelenggaraan sekolah desa.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Buleleng, Nyoman Agus Jaya Sumpena saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (29/1/2021).

Jaya Sumpena menjelaskan guna menghasilkan pengelolaan dana desa yang baik dan benar, pembinaan terus dilakukan. Baik itu secara pasif dan juga aktif turun ke desa. Banyak aparat desa yang datang ke kantor DPMD untuk berkonsultasi. Termasuk penyelenggaraan apa yang disebut dengan sekolah desa.

“Kami intensifkan sekolah desa untuk melakukan pendampingan kepada para aparatur desa di Buleleng mengenai pengelolaan dana desa yang baik. Sampai dengan laporan pertanggungjawaban,” jelasnya.

Baca Juga :  Menko Marves RI Puji Pelaksanaan Isoter di Buleleng

Sekolah desa ini merupakan program dari DPMD Buleleng untuk memberikan pendampingan dan juga konsultasi bagi aparatur yang membutuhkan. Masing-masing desa akan dibagi menjadi beberapa gelombang untuk diberikan pelatihan. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan pelatihan pengelolaan dana desa yang baik dan benar kepada aparatur. Kerja sama juga dilakukan dengan yayasan yang peduli dengan pembangunan desa untuk mendukung sekolah desa.

“Namun, narasumber tetap dari kita karena kita mempunyai beberapa SDM yang berkompeten di bidang pengelolaan pemerintah desa,” ucap Jaya Sumpena.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini