Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, YOGYAKARTAAquatic Research Group, Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada (UGM) terus berupaya memperluas pengembangan budidaya ikan wader pari. Salah satunya dengan menjalin kerja sama dengan berbagai mitra.

Inisiator Aquatic Research Group, Dr. Bambang Retnoaji M.S., mengatakan saat ini pihaknya tengah melakukan penjajakan kerja sama pengembangan budidaya ikan wader pari berbasis Internet of Things (IoT) dengan ITTelkom Surabaya. Dalam penjajakan kerja sama teresebut Rektor Institut Teknologi Telkom (ITTelkom) Surabaya Bapak Dr. Tri Arief Sardjono S.T, M.T., melakukan kunjungan langsung ke lokasi budidaya ikan wader pari hasil budidaya Fakultas Biologi UGM dengan DKP DIY di BPTP Cangkringan Sleman akhir November lalu.

Baca Juga :  Komunitas Geografi Usulkan Mata Pelajaran Geografi Diajarkan di Tingkat Dasar dan Menengah

Selain itu juga dilakukan peninjauan fasilitas budidaya semi-massal di Fakultas Biologi UGM. Dalam kunjungan tersebut, tim dari ITTelkom Surabaya melihat fasilitas alat pemijahan portable ikan wader pari hasil kolaborasi dengan Kelompok Petani Ikan Santan Mina Lestari Binaan CSR PLN Peduli.

Pada pertemuan tersebut turut dipaparkan tentang sistem budidaya semi-massal yang lebih mudah diterapkan di lingkungan perkotaan, serta potensi pengembangannya dengan basis IT seperti penggunaan microcontroller dan sensor untuk otomatisasi pemberian pakan, pengaturan debit air, pengaturan suhu, dan tracking data parameter air menggunakan Iot.

Baca Juga :  UGM Berjaya di Kompetisi Analisis Data se-ASEAN

“Dari kunjungan kemarin ada rencana dari ITTelkom Surabaya untuk membangun Vertical Farming IoT based menggunakan ikan wader sebagai objek hewan coba,” ungkapnya.

Bambang menyampaikan bahwa potensi kerjasama dengan ITTelkom Surabaya ini memberikan harapan besar kedepan budidaya wader dapat dikembangkan secar modern berbasis IT.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini