Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

Edukasi Budidaya Wader 

Tak berhenti melakukan pengembangan budidaya ikann wader pari saja, Aquatic Research Group terus melakukan edukasi terkait cara pembudidayaan ikan yang memiliki potensi nilai ekonomi tinggi ini.

Bambang menjelaskan pada awal program budidaya ikan wader pari ini berskala semi-massal. Namun kini skala produksi telah massal dengan menggandeng mitra kelompok tani Gapoktan Santan Mina Lestari.

“Pengolahan produk pasca panen dari budidaya ikan wader pari ini telah dikembangkan dengan tujuan untuk meningkatkan nilai jual dari ikan wader pari hasil budidaya. Meski demikian, tampaknya tingkat kesadaran masyarakat terhadap budidaya ikan ini masih belum tinggi,” paparnya.

Baca Juga :  ITDC Pertahankan Sertifikasi SNI ISO 37001:2016

Oleh sebab itu edukasi dan penyuluhan terkait budidaya ikan wader pari ini sangat dibutuhkan dan dilakukan pada kelompok-kelompok masyarakat yang memiliki minat untuk melakukan budidaya ikan wader pari. Untuk itu Aquatic Research Group, Fakultas Biologi UGM dan Gapoktan Santan Mina Lestari bekerjasama dengan PT PLN Persero Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Tengah meningkatkan kapasitas edukasi dan penyuluhan budidaya.

Salah satu seri kegiatan penyuluhan masyarakat untuk budidaya ikan lokal ini dilaksanakan dalam bentuk Kerjasama dengan DKP DIY, sekaligus dalam acara sosialisasi restoking ikan lokal di DIY, yang juga merupakan bagian dari program kerja DPRD Provinsi DIY. Dilakukan pada bulan November 2020 dibeberapa tempat di kabuoaten Skeman dan Bantul antara lain di Potorono, Temuwuh, Sumbersari, serta Wonokerto.

Baca Juga :  Jadi Skutik Paling Pas dan Populer, New Honda Vario Tapil Makin Gaya

“Harapannya lewat program edukasi ini ada peningkatan pengetahuan tentang budidaya ikan wader pari di Kelompok Masyarakat DIY sehingga memunculkan stimulus untuk ikut terlibat dalam budidaya ikan wader pari,” tuturnya. (ika/humas-ugm/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News