Surya
Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KARANGASEM – Pencarian I Gede Surya Risuana (Surya), perwakilan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Bali yang hilang diduga terseret arus pada Sabtu (12/12/2020) lalu di perairan Gili Tepekong, Karangasem, Bali dihentikan hari ini, Jumat (18/12/2020) kemarin.

I Gusti Ngurah Eka Wiyadnyana, Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan Karangasem pada pertemuan evaluasi upaya pencarian menjelaskan bahwa Tim SAR Gabungan telah melakukan operasi pencarian dan pertolongan terhadap Surya selama 7 hari menyisir area laut, udara, dan darat sejak Sabtu (12/12/2020). Berdasarkan UU Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan No. 29/2014 operasi pencarian dihentikan setelah jangka waktu tujuh hari tidak ada tanda-tanda target ditemukan.

“Seluruh informasi dari berbagai pihak tentang kemungkinan area pencarian telah kami tindaklanjuti. Kami terus berkomunikasi dan koordinasi juga melibatkan berbagai pihak seperti masyarakat, nelayan dan kelompok relawan. Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan yang luar biasa dari semua pihak terhadap misi kemanusiaan ini,” ujar I Gusti Ngurah Eka Wiyadnyana.

Baca Juga :  Ketua TP PKK Provinsi Bali, Putri Suastini Koster Lantik Ketua TP PKK Kota Denpasar, Jembrana, Karangasem, Bangli, Tabanan dan Badung

Sementara itu, Paman Surya, I Made Sudarsana mengatakan, dirinya mewakili keluarga besar Surya turut mengapresiasi seluruh pihak yang telah mengerahkan semua fasilitas serta sumber daya dalam upaya pencarian Surya. Semoga amal baik saudara-saudara mendapat karma yang setimpal.

“Kita di sini sudah punya optimisme dan keyakinan yang sama, namun Tuhan pula yang akan menentukan. Pesan kami, agar rekan-rekan peneliti meneruskan semangat Surya untuk terus mengembangkan ilmu pengetahuan,” ucap I Made Sudarsana.

Tim Peneliti Gabungan dan Yayasan WWF Indonesia bersama dengan keluarga Surya berencana akan melanjutkan pencarian mandiri hingga hari kesembilan yakni Minggu (20/12/2020) besok di bawah koordinasi BASARNAS.

Harapannya masyarakat khususnya yang berkegiatan di perairan/laut berkenan menyampaikan informasi ataupun membantu memantau jika terlihat adanya kemungkinan keberadaan Surya, agar dapat segera menghubungi pihak yang berkepentingan.(r/bpn)

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here