Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASARGubernur Bali Wayan Koster mengklarifikasi terkait berbagai pemahaman keliru tentang SE Nomor 2021 Tahun 2020, hal ini sangat penting untuk meluruskan pemberitaan terkait pelaksanaan liburan Natal dan Tahun Baru 2021 di Bali.

Menurut Gubernur Koster, saat ini kasus positif Covid-19 terus meningkat di Indonesia khususnya Bali. “Guna mengantisipasi menularnya Covid-19 saat liburan, maka Surat Edaran (SE) Nomor 2021 tahun 2020 dikeluarkan,” jelas Gubernur Koster di Rumah Jabatan Gubernur, Denpasar, Selasa (22/12/2020).

Pemerintah Provinsi Bali bersama Polda Bali, Kodam IX/Udayana, Kabupaten/Kota, Satgas Gotong Royong Desa Adat serta Relawan Desa se-Bali terus berupaya menangani pandemi Covid-19. “Hingga saat ini penanganan Covid-19 di Bali sudah baik. Dimana tingkat kesembuhan mencapai 90% (tertinggi di Indonesia) dan angka kematian pun juga terkendali,” ungkapnya.

Ditambahkannya, SE Nomor 2021 tahun 2020 merupakan upaya menerapkan kebijakan pemulihan pariwisata dan perekonomian Bali secara bertahap. “Jadi sama sekali tidak ada niat sedikitpun untuk menghambat pulihnya pariwisata Bali. Apalagi dikatakan menyengsarakan masyarakat Bali, seperti yang dituduhkan sejumlah ‘oknum’ melalui media sosial,” imbuhnya.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Serahkan 1.444 SK PPPK Hasil Seleksi Tahun 2023, Kembali Usulkan 4.602 Formasi di Tahun 2024

Penekanan dalam menghadapi kondisi dan situasi yang dilematis, Pemerintah Provinsi Bali tidak memilih alternatif pertama ataupun kedua. Pemerintah Provinsi Bali memilih solusi kebijakan yang lebih arif dan bijaksana sebagai jalan tengah, yaitu mengizinkan aktivitas pariwisata dengan tetap mencegah terjadinya penularan dan munculnya kluster baru kasus Covid-19.

Bertanggung jawab atas kesehatan masing-masing. Bagi yang melakukan perjalanan dengan transportasi udara, wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif uji Swab berbasis PCR paling lama 7 x 24 sebelum keberangkatan dan mengisi e-HAC Indonesia.

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News