Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Gubernur Bali Wayan Koster menyatakan bahwa Bali dengan tangan terbuka akan membantu mengembangkan berbagai potensi bidang pariwisata yang dimiliki Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang berjulukan Bumi Gogo Rancah (Gora) tersebut.

Hal itu terungkap saat Gubernur Koster menerima kunjungan Gubernur NTB di Rumah Jabatan Jaya Sabha, Denpasar pada Sabtu (19/12/2020) malam. “Misalnya untuk lebih mengangkat berbagai kearifan lokal setempat,” ujarnya.

Ia pun kemudian berbagi pengalaman bagaimana mendorong bangkitnya industri kerajinan berbasis kearifan lokal. Misalnya melalui kebijakan dengan dikeluarkanya Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 79 tahun 2018 tentang Hari Penggunaan Busana Adat Bali.

“Pergub ini terbukti Menghidupkan kerajinan lokal Bali. Industri, pedagang, sampai fashionnya tumbuh. Kita harus hidupkan UMKM karena terbukti lebih berdaya tahan, bahkan di saat seperti ini,” terangnya.

Baca Juga :  TPID Denpasar Gelar Pemantauan Ketersediaan dan Harga Pangan Jelang Idul Fitri

Di sisi lain, ia juga menjelaskan bahwa salah satu tujuan rencana pengembangan Pelabuhan Padang Bai yang menjadi prioritas Pemprov Bali adalah guna event Motor GP Mandalika, NTB pada 2021 mendatang.

“Sekarang sedang dirancang pengembangannya oleh ASDP, dan kami dukung sepenuhnya,” ucapnya.

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News