Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KLUNGKUNG – Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta kembali menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Non DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) di tiga kecamatan Klungkung daratan, Senin (18/5/2020).

Baca Juga :  Bupati Suwirta Laksanakan Persembahyangan di Pura Sad Kahyangan Klungkung

Bantuan yang berasal dari dana desa itu diserahkan di Desa Negari, Desa Kampung Gelgel, Desa Kamasan, Desa Kampung Kusamba dan Desa Besan Kecamatan Banjarangkan. BLT yang diserahkan secara simbolis ini sebesar Rp 600 ribu kepada warga kurang mampu dan terdampak Covid-19. Bantuan tersebut akan diberikan untuk tiga bulan, yakni April, Mei dan Juni.

Setelah Bupati Suwirta turun melihat kondisi di lapangan, ternyata masih ditemukan warga yang sakit maupun cacat fisik sama sekali belum mendapat bantuan, apalagi mereka tidak bisa bekerja dengan keadaan seperti itu. “Melihat kondisi ini, maka untuk ke depannya saya sudah langsung tugaskan dinas terkait bersama perbekel agar benar-benar mendata warga yang belum tersentuh bantuan apapun, tidak harus melalui kabupaten, jadi nanti langsung ditangani oleh desa melalui dana alokasi desa,” terang Bupati Suwirta.

Bupati menambahkan ke depan secara rutin akan memberikan hak-hak warga yang berhak mendapatkan bantuan, termasuk juga anak-anak mereka yang seharusnya mendapatkan beasiswa. “Jadi untuk ke depannya mereka yang mempunyai anak kita akan berdayakan, sehingga dengan langkah-langkah ini nantinya mereka bisa lepas dari KK miskin,” imbuhnya.

“Semoga dengan bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19 dan selalu jaga pola hidup yang bersih dan sehat agar kita terhindar dari penyebaran virus tersebut,” harap Bupati yang juga selaku Ketua Gugus Satgas Covid-19 Kabupaten Klungkung.

Selain itu, Bupati Suwirta juga meninjau pendistribusian Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) di Kantor Camat Dawan. KKS ini untuk masyarakat yang masuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Kementerian Sosial sebagai warga miskin. Bantuan ini dapat dicairkan dalam bentuk sembako di masing-masing E-Warung di Kabupaten Klungkung yang telah ditunjuk oleh Kemensos. Jumlah kartu yang dibagikan sebanyak 520 untuk 12 desa di Kecamatan Dawan.

Berdasarkan data dari Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Klungkung, data non DTKS yang diserahkan melalui desa sebanyak 3.803 KK penerima. Sedangkan KKS pada pandemi Covid-19 saat ini ada tambahan sebanyak 2.877 KK dan data reguler sebanyak 7.619, sehingga total penerima menjadi 10.496 KK.

Sementara itu, di tempat terpisah Wakil Bupati Kasta juga meninjau pendistribusian KKS masing-masing di wantilan Pura Agung Kentel Gumi, SD Negeri 2 Selat dan Kantor Dinas Sosial Kabupaten Klungkung. Dalam kunjungan tersebut Wabup Kasta melihat warga membludak. “Saya sudah mengimbau agar tetap menjaga jarak dan menggunakan masker serta tetap menjaga kesehatan terlebih cuaca hujan,” harapnya. Selain itu, Wabup Kasta juga berpesan dengan melihat membludaknya masyarakat agar kegiatan seperti ini bisa dilakukan lebih dari satu hari. (dar/bpn)