Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, GIANYAR – PMI Provinsi Bali terlibat dalam Tim Satgas Covid-19 dengan mendapatkan mandat sebagai koordinator pada bagian pencegahan, sosialisasi dan edukasi.

Baca Juga :  Antisipasi Stok Darah Menipis, PMI Buleleng Rutin Donor Darah Keliling

Sesuai dengan mandat tersebut, PMI Provinsi Bali bersama PMI Kabupaten Gianyar melaksanakan kegiatan spraying disinfektan dengan menggunakan truck gunner PMI yang memiliki kapasitas penyemprotan sebanyak 5.000 liter di Markas Serdadu Tridatu, Stadion I Wayan Dipta Kabupaten Gianyar, Senin (18/5/2020). Penyemprotan dilaksanakan di areal dalam dan luar stadion.

Kepala Divisi Kelembagaan PMI Provinsi Bali, Taufan Kristanto menyampaikan pemilihan lokasi stadion ini berdasarkan koordinasi antara PMI Provinsi Bali, PMI Kabupaten Gianyar dan Manajemen Bali United.

“Kita ketahui bersama Stadion I Wayan Dipta ini memiliki kapasitas 25.000 kursi, dan merupakan markas Klub Sepak Bola Bali United yang menjuarai pentas Liga 1 musim 2019. Namun dikarenakan mewabahnya Covid-19 maka untuk sementara kompetisi berikutnya dihentikan sementara,” ujar Taufan.

Ditambahkannya, dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19, PMI Provinsi Bali dan Kabupaten/Kota se-Bali juga turut bergerak untuk mendukung pemerintah di kabupaten/kota masing-masing.

“Sampai saat ini, kami telah menerjunkan sejumlah 6.589 personel, 17 unit ambulans, 38 unit alat spraying serta 6 unit mobil disinfektan. PMI se-Bali telah melakukan penyemprotan dengan total penerima manfaat sebanyak 568.886 jiwa di 794 titik lokasi serta menghabiskan 162.905 liter cairan disinfektan. Sedangkan kegiatan promosi telah menyasar sejumlah 437.896 jiwa, serta total distribusi masker sejumlah 22.993 pcs,” paparnya.

Dengan berbagai upaya yang telah dilakukan diharapkan dapat memutus rantai penularan Covid-19, dan hal ini tentu dapat diwujudkan dengan kerjasama semua pihak baik pemerintah, lembaga/instansi terkait, relawan serta masyarakat untuk patuh mengikuti imbauan yang telah disampaikan pemerintah mulai dari rajin mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari keramaian, menjaga Pola Hidup Bersih dan Sehat hingga disiplin dalam penggunaan masker. (dar/bpn)