Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Udayana Run bertujuan untuk membudayakan masyarakat sehat melalui olahraga, sebagaimana tema dari Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan RI yakni ‘SDM Unggul Indonesia Maju’, sehingga ini sangat relevan jika dikaitkan dengan SDM yang unggul maka harus ditopang dengan kondisi fisik yang prima. Oleh sebab itu Kodam IX/Udayana menggalakkan olahraga melalui kegiatan Udayana Run 10K dan 5K ini.

Demikian disampaikan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P., disela-sela kegiatan Udayana Run yang diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT ke-74 RI dan HUT ke-62 Kodam IX/Udayana, dengan dihadiri oleh Gubernur Bali bertempat di Pantai Kuta, Badung, pada Minggu (18/8/2019) pagi.

Berkaitan dengan pelaksanaan Udayana Run ini, Pangdam mengucapkan terima kasih seraya memberikan penghargaan kepada panitia, sponsor, undangan dan seluruh peserta Udayana Run yang turut berpartisipasi meramaikan kegiatan ini, tidak terkecuali juga kepada media yang telah menyuarakan kegiatan ini secara luas kepada masyarakat.

“Terimakasih juga atas support dari rekan-rekan media, apa yang kita lakukan ini saya mohon untuk disuarakan, sehingga ini menjadi virus-virus positif untuk semua anak bangsa,” demikian ungkap Pangdam seraya menuturkan bahwa virus juga ada yang positif.

Baca Juga :  Penilaian Lomba Ogoh-ogoh Telah Dimulai, Sekehe Teruna se-Badung Adu “Kreativitas dan Inovasi”

Sementara itu, Gubernur Bali I Wayan Koster sangat antusias dengan diselenggarakannya kegiatan ini. Dirinya mengatakan bahwa kegiatan ini sangatlah positif dengan tujuannya yang jauh lebih penting yaitu menghidupkan kembali komitmen masyarakat dalam membangun kesadaran akan kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

“Sebagai Gubernur Bali mewakili masyarakat Bali, saya mengucapkan apresiasi terhadap kegiatan ini dan berharap agar dapat diagendakan sebagai kegiatan tahunan oleh Bapak Pangdam. Tentu saja kedepan nanti kegiatan seperti ini juga akan disinergikan dengan instansi lainnya, tetapi leadernya adalah dari Kodam supaya betul-betul kegiatannya menjadi besar untuk mempromosikan Bali sebagai destinasi wisata karena melibatkan peserta dari luar pulau Bali bahkan luar negeri,” ungkap Gubernur Koster.

Sepintas, Gubernur Bali mengingat bahwa dulu pernah ada event ‘Bali 10K’ yang sangat terkenal dan diminati oleh peserta dari mancanegara. “Lama itu sudah tenggelam, dan sekarang muncul lagi, diinisiasi oleh bapak Pangdam,” demikian tutur Gubernur dengan ekspresi bahagia.

Selain membudayakan masyarakat sehat melalui olahraga, kegiatan Udayana Run tersebut juga peduli terhadap lingkungan, terbukti setelah kegiatan berakhir, para panitia maupun peserta melaksanakan kegiatan membersihkan pantai dengan memungut dan mengumpulkan botol botol plastik minuman yang habis digunakan peserta lomba sebagai komitmen kebijakan Pemerintah Provinsi Bali dalam memerangi sampah plastik.

Kapendam IX/Udayana Kolonel Jonny Harianto G, S.I.P., disela kegiatan Udayana Run, mengungkapkan bahwa pada kegiatan tersebut, panitia menyiapkan total hadiah sebesar Rp. 200.000.000,-. Untuk 150 finisher pertama pada tiap kategori jarak akan memperoleh medali, serta juara 1 sampai dengan harapan 3 masing-masing kategori akan diberikan uang pembinaan, juga telah disiapkan hadiah berupa 5 unit sepeda motor, 7 unit sepeda gunung dan puluhan hadiah hiburan menarik lainnya.

Dari kegiatan yang dimulai pada pukul 06.10 Wita tersebut, Kapendam menyebutkan bahwa pada kategori Pelajar 5K Putra telah ditetapkan sebagai juara pertama yakni Komang Deni Gunawan dengan catatan waktu 17’27’62 dan Putri dimenangkan oleh Arceling Hada dengan catatan waktu 19’51’55. Untuk kategori Umum 5K Putra juara pertama diraih oleh Elisar Gamashi dengan catatan waktu 15’57’12 dan Putri diperoleh oleh Afriano Paijo dengan catatan waktu 19’03’99. Sedangkan untuk Kategori TNI-Polri 5K sukses diraih oleh Mursalim sebagai juara pertama dengan catatan waktu 167’09’09.

Baca Juga :  Badung Gelar Apel HUT Damkar Ke-105, Jadikan Momentum Melaksanakan Tugas Dengan Penuh Disiplin dan Tanggung Jawab

“Dikategori Umum 10K Putra telah ditetapkan sebagai juara pertama yakni Ridwan dengan waktu tempuh 31’42’21 dan untuk Putri diraih oleh Meri Mariana dengan waktu tempuh 37’20’00, sedangkan Asep Sappudin dengan waktu tempuh 31’55’48 berhasil menempati podium pertama pada kategori TNI-Polri 10K,” demikian disampaikan Kapendam disela kesibukannya mendampingi Pangdam.

Kegiatan Udaya Run yang diikuti oleh 3.000 orang peserta tersebut, juga dihadiri oleh Kasdam IX/Udy, Irdam IX/Udy, Danrem161/WSI, Danrem 163/WSA, Danrindam IX/Udy, Asrendam IX/Udy, Para Asisten Kasdam IX/Udy, Kapok Sahli Pangdam IX/Udy, Para Staf Ahli Pangdam IX/Udy, LO AU, Para Dan/Kabalakdam IX/Udy, Para Dandim Jajaran Rem 163/WSA, Pewakilan dari Polda Bali, Dansat Brimob Polda Bali, serta undangan lainnya.(erck/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News