Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, KARANGASEM –  Kumpulan Pemuda Karangasem (KPK)  yang tergabung dari beberapa organisasi yang ada di Karangasem seperti KMHDI Karangasem, Peradah Karangasem, Aliansi Pemuda Hindu Bali Karangasem, Forum Pemuda Karangasem, Dharma Duta, Brotherhood dan Gubuk Sahabat mengelar aksi dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, Sabtu (17/8/2019).

Aksi yang dilaksanakan dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama pagi hari dilaksanakan Upacara pengibaran Bendera  di Pasar Timur Amlapura, tidak hanya itu aksi juga dilanjutkan dengan pembagian bendera Merah Putih serta pembersihan sampah plastik di seputaran Pasar Timur. Acara ini dihadiri kurang lebih 80 peserta yang tergabung dalam KPK, masyarakat umum dan pengelola pasar.

Baca Juga :  Puluhan Babi Mati di Karangasem, Leher Hingga Kepala Memerah

Putri Cahyaningsih selaku Kordinator Lapangan Aksi mengatakan bahwa pemilihan tempat di Pasar Timur Amlapura untuk membangkitkan kembali jiwa Nasionalisme dan memberikan pemahaman kembali kepada masyarakat terutama pedagang agar setidaknya bisa ikut mengingat bagaimana perjuangan para pahlawan untuk meraih kemerdekaan.

“Kebanyakan masyarakat lupa bahwa hari ini adalah hari kemerdekaan,” tambah Putri Cahyaningsih.

Sedangkan sesi kedua yang berlangsung sore hingga malam hari mengambil tempat di Tugu Pahlawan Ciung Wanara Karangasem. Dimulai dari orasi masing-masing Pimpinan OKP, musikalisasi puisi dan akustik, penandatanganan petisi dan pernyataan sikap pembangunan kembali patung Pahlawan Nasional I Gusti Ketut Jelantik. Acara ini juga dihadiri perwakilan dari keluarga Puri Karangasem.

Dalam orasi yang disampaikan para Pimpinan Organisasi Kepemudaan yang tergabung dalam KPK. Patung yang sudah rusak akibat gempa kurang lebih setahun ini belum ada kepastian pembangunannya apalagi dari segi anggaran. Dari pemerintah pun belum jelas kabarnya.

Baca Juga :  Usai Menangkan Prabowo-Gibran, Elektabilitas Suyasa Melesat

Isi petisi tidak lain “Mendorong Pemerintah Kabupaten Karangasem melalui instansi terkait untuk segera dan memasukkan agenda perbaikan Patung Pahlawan I Gusti Ketut Jelantik sebagai sekala perioritas sebagai bentuk penghormatan sekaligus mengenang jasa Pahlawan”.

“Hari ini Hari Kemerdekaan masak patung pahlawan tinggal kaki saja,” tandas peserta yang hadir.(r/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News