BALIPROTALNEWS.COM, JAKARTA – Kesehatan masyarakat menjadi salah satu pilar kontribusi publik yang sedang diperhatikan PT Astra Honda Motor (AHM). Untuk membantu pemerintah memastikan kecukupan gizi, AHM membagikan 18.810 Paket Makanan Tambahan (PMT) bagi balita di wilayah Cikarang dan Karawang, Jawa Barat.

Distribusi PMT ini dilakukan dengan bekerjasama bersama 18 posyandu dari 6 desa wilayah di kedua wilayah, yang merupakan tempat beroperasinya pabrik AHM. Bersama para kader Posyandu, AHM memusatkan pembagian PMT di posyandu yang berada di Desa Danau Indah, Cikarang, Bekasi dan 5 desa di wilayah Cikampek, Karawang Jawa Barat yakni Desa Kalihurip, Desa Kamojing, Desa Dawuan Tengah, Desa Dawuan Timur dan Desa Dawuan Barat.

Pemberian PMT yang akan dilakukan sepanjang tahun 2019 ini juga bekerja sama dengan petugas dinas kesehatan yang berada di Puskesmas setempat, yakni Puskesmas Danau Indah, Cikarang dan Puskesmas Cikampek, Karawang. Kegiatan dilakukan secara rutin dengan sajian menu yang bervariasi berupa aneka panganan dan paket makanan siap santap dari olahan ikan. Menu-menu ini dirancang sesuai dengan kebutuhan balita usia 1 hingga 5 tahun.

GM Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengungkapkan pembagian PMT ini merupakan salah satu sarana bagi perusahaan untuk membantu menyiapkan generasi sehat melalui asupan gizi yang mencukupi. PMT juga diharapkan dapat mendukung tumbuh kembang balita sebagai upaya meningkatkan daya saing bangsa di masa depan.

“Masa depan bangsa akan ditentukan oleh generasi yang sehat dan cerdas. Kami ingin berkontribusi menyiapkannya sejak dini melalui kecukupan gizi bagi balita dan ibunya. Bersama kader posyandu, kami yakin dapat menanamkan pola hidup sehat bagi Ibu dan lingkungannya.”

Selain pembagian PMT, AHM bersama Pos Pelayanan Terpadu atau Posyandu secara aktif akan memantau perkembangan kesehatan balita dan kecukupan gizi dengan berbagai kegiatan lain. Kegiatan ini dilaksanakan melalui pengukuran berat badan dan tinggi balita yang dicatatkan di Kartu Menuju Sehat (KMS), penyuluhan kesehatan Ibu dan Balita dan juga pelayanan imunisasi balita.

Kader Posyandu dituntut memiliki pengetahuan khususnya mengenai kesehatan dan juga tentunya pengetahuan umum. Mereka berperan penting sebagai penyampai informasi dan keterampilan dari petugas kesehatan kepada masyarakat dan antar sesama masyarakat. Mereka juga diharapkan dapat mendekatkan pelayanan kesehatan dasar kepada masyarakat, terutama dalam upaya pokok pelayanan Puskesmas.

Untuk menguji pengetahuan, sikap dan ketrampilan dalam mengelola Posyandu, AHM bersama Puskesmas mengadakan kegiatan Gebyar Posyandu Desa Kalihurip Kecamatan Cikampek, Karawang Jawa Barat yang digelar bersamaan dengan penyerahan PMT 2019.  Pelaksanaan Gebyar Posyandu ini ditujukan untuk 4 Posyandu yang berada di naungan Desa Kalihurip Kecamatan Cikampek, Karawang, Jawa Barat, yakni Bonsai 1 di Dusun Kamuning, Bonsai 2 di Dusun Sasakseng, Bonsai 3 di Dusun Kalihurip dan Bonsai 4 berlokasi di perum PT  Pupuk Kujang.

Selain itu untuk mengetahui perkembangan balita di wilayah Desa Kalihurip, digelar lomba balita untuk mengetahui respon dan interaktif antara ibu dan balita.

“Kader Posyandu memiliki peran yang sangat penting untuk perkembangan kesehatan Ibu dan balita. Mereka bekerja secara sukarela dan meluangkan waktu untuk usaha perbaikian gizi keluarga. Semangat ini yang harus dijaga dan diapresiasi,” tutup Muhibbuddin.(myn/bpn)

loading...