BALIPORTALNEWS.COM – Universitas Gadjah Mada (UGM) terus mengembangkan Sistem Informasi Akademik (SIA) Sistem Informasi Terintegrasi (Simaster)  guna mendukung kelancaran penyelenggaraan pendidikan.

Pengembangan SIA ini merupakan upaya untuk memberikan pelayanan akademik yang lebih baik bagi seluruh sivitas akademika UGM. Selain itu juga untuk memudahkan dalam pelaporan berbagai kegiatan akademik di UGM. Dengan sistem infromasi akademik yang baru ini semua aktivitas akademik baik mahasiswa maupun dosen dapat diakses dalam satu akun sistem informasi terintegrasi (Simaster).

“Dengan SIA Simaster ini memberikan keleluasaan bagi mahasiswa untuk mengambil mata kuliah lintas disiplin seperti mata kuliah di prodi, departemen, bahkan fakultas lain sebagai bentuk pengayaan dan bekal mahasiswa guna menyiapkan mereka menghadapi persaingan yang semakin ketat di era revolusi industri 4.0,” jelas Sekretaris Bidang Teknologi Informasi dan Administrasi Akademik Direktorat Pendidikan dan Pengajaran UGM, Dr. Sigit Priyanta, S.Si., M.Kom., Senin (25/2/2019) di UGM.

Sigit mengatakan SIA simaster ini mengintegrasikan seluruh data akademik di tingkat universitas, baik itu data mata kuliah, dosen, ruang kuliah, laboratorium dan jadwal perkuliahan. Pengintegrasian data-data tersebut di tingkat universitas akan memudahkan pengelolaan data-data akademik mulai dari aktifitas perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan secara menyeluruh.

“Saat ini SIA Simaster baru dijalankan di 5 Fakultas dan 1 sekolah sejak bulan September 2018 lalu,” ungkapnya.

Adapun fakultas yang telah menjalankan SIA Simaster ini adalah FKKMK, FMIPA, Fakultas Biologi, Fakultas Filsafat, Fakultas Farmasi, dan Departemen Teknik Elektro dan Informatika-Sekolah Vokasi. Rencananya sistem ini akan diterapkan secara menyeluruh di UGM mulai Agustus 2019 mendatang. (ika/humas-ugm/bpn)

loading...