Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTANEWS.COM – Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Prof. Dr.Ir. Bambang Prasetya, M.Sc., mengapresiasi UGM yang telah memiliki laboratorium terakreditasi Komite Akreditasi Nasional (KAN).

“Masih sedikit laboratorium di perguruan tinggi mendapat akreditasi karenanya saya sampaikan apresiasi pada LPPT yang sudah terakreditasi KAN,” ucapnya saat mengunjungi LPPT UGM, Kamis (15/3/2018) lalu.

Laboratorium Penelitian dan Pengujian Terpadu (LPPT) merupakan satu dari tiga laboratorium di UGM dimana laboratorium penguji dan laboratorium kalibrasinya sudah terakreditasi KAN.

Menurutnya keberadaan laboratorium penguji yang terakreditasi sangat penting. Dengan akreditasi akan meningkatkan  kepercayaan pengguna terhadap laboratorium sebagai tempat yang memiliki kompetensi melakukan kegiatan penilaian kesesuaian.

Baca Juga :  Lima Siswa SMA Negeri 4 Denpasar Raih ‘Best Poster’ dan ‘Gold Medal’ di Youth Internasional Science Fair

Dalam kesempatan tersebut Bambang juga menyampaikan dukungan program afiliasi laboratorium yang telah dilakukan LPPT UGM sejak tahun 2010 silam. Melalui program afiliasi ini LPPT menjalin kerja sama dengan laboratorium-laboratorium fakultas di lingkungan UGM. Kerja sama dilaksanakan dalam pengembangan kompetensi untuk mendapatkan akreditasi ISO/IEC 17025:2005 parameter uji yang dikembangkan oleh laboratorium yang bekerja sama dengan LPPT UGM. Hingga kini, LPPT UGM telah berafiliasi dengan 13 laboratorium dari tujuh fakultas di UGM.

“Dengan adanya program afiliasi seperti ini akan sangat membantu laboratorium-laboratorium di fakultas agar dapat segera memperoleh status akreditasi. Saya pikir ini program yang sangat baik dan bisa ditiru oleh universitas-universitas lain” kata Bambang yang juga mengaparesiasi

Baca Juga :  Sound System SD Negeri 5 Sibetan Raib Digondol Maling

LPPT UGM telah mengembangkan sebuah sisstem informasi yang mencakup kegiatan pengujian, penelitian, kalibrasi, dan bahan kimia. Sistem infromasi ini dikembangkan tidak hanya untuk pemanfaatan internal LPPT UGM, namun juga dapat diakses pengguna LPPT.

“Sistem informasi bisa digunakan customer LPPT untuk mengecek status pengujian dan kalibrasi, “jelas Kuwat Triyana, dosen FMIPA UGM yang juga pernah menjabat sebagai Manajer Mutu LPPT UGM saat menerima kunjungan Kepala BSN.

Usai melakukan kunjungan di LPPT UGM, Bambang berkesempatan mengunjungi laboratorium Teknik Tegangan Tinggi (TTT) yang berlokasi di departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik UGM. Laboratorium TTT merupakan salah satu laboratorium yang berafiliasi dengan LPPT UGM. Kepala BSN memilih laboratorium TTT sebagai salah satu laboratorium afiliasi yang dikunjungi karena parameter-parameter yang dikerjakan di laboratorium TTT merupakan parameter-parameter potensial untuk kerjasama dengan perusahaan-perusahaan multinasional.(ika/humas-ugm/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News