Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Profesi Biolog memegang peran penting sebagai salah satu garda depan dalam penyelamatan, pemanfaatan, dan pelestarian keanekaragaman hayati Indonesia.

“Profesi biolog tidak kalah penting dengan profesi lainnya, terlebih saat ini banyak terjadi kerusakan kenakeragaman hayati,” kata Ketua Konsorsium Biologi Indonesia (KOBI), Dr. Budi S. Daryono, yang juga Dekan Fakultas Biologi UGM kepada wartawan disela-sela Rakornas KOBI di┬áHotel Harper, Yogyakarta, Rabu (21/3/2018) kemarin.

Sayangnya profesi biologi belum begitu banyak dilirik oleh masyarakat. Padahal profesi ini memiliki prospek yang cukup menjanjikan.

“Jumlah profesi biolog di bidang tertentu seperti taksonomis, embriologis, entomologis, dan lainnya belum banyak di Indonesia,” jelasnya.

Baca Juga :  KILA Hadir untuk Pertama Kalinya di Bali, Bawa Semangat Lagu Anak Indonesia

Melalui Rakornas KOBI kali ini memperdalam bahasan perumusan profesi bagi sarjana biologi sesuai dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia level 7.

“Kita fokuskan membahas naskah akademik dan kurikulum profesi biolog,” tuturnya.

Menurutnya, pendidikan profesi biolog sangat penting dikembangkan. Terlebih di tengah era persaingan global kebutuhan mencetak profesi biolog unggul dan berdaya saing mendesak dilakukan.

Dalam pertemuan tersebut juga membahas pembentukan Asosiasi Profesi Biologi Indonesia. Pembentukan asosiasi ini dilakukan sebagai salah satu wujud penguatan pengembangan program profesi bagi sarjana biologi.

Baca Juga :  Pemprov Bali Raih Penghargaan Penerapan SPBE Terbaik pada Digital Government Award SPBE Summit 2024

Hadir dalam pertemuan ini dekan, kepala departemen, kepala prodi di bidnag biologi,pendidikan biologi, bioteknologi, dan mikrobiologi dari berbagai pergurun tinggi di Indonesia. Selain itu juga turut hadir stakeholder dari industri, rumah sakit, dan lainnya.(ika/humas-ugm/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News