BALIPORTALNEWS.COM – Sebanyak 40 siswa Sekolah menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Karimunjawa, Jepara mengikuti pelatihan kegawatdaruratan medis yang diselenggarakan Unit kegiatan Kesehatan Mahasiswa (Ukesma) UGM.

Pelatihan tersebut merupakan bagian dari kegiatan Ukesma Mengabdi yang berlangsung selama dua hari pada 20-22 Oktober 2017 lalu di Karimunjawa. Melalui kegiatan itu para siswa diberikan pelatihan terkait dasar-dasar pertolongan pertama, kegawatdaruratan medis, farmakologi praktis, pembalutan dan pembidaian, serta evakuasi.

“Kita juga memandu para siswa untuk dapat mempraktikan langsung berbagai teknik pertolongan pertama, “kata Ketua Tim Ukesma Mengabdi Dewi Agustina Wati, Kamis (26/10/2017) di Kampus UGM.

Dewi menyampaikan pelatihan terselenggara atas kerjasama yangdilakukan Uksema UGM dengan SARDA DIY dan IDI cabang Jepara, serta POSSI DIY. Selain itu juga didukung oleh Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) satgas pengembangan potensi daerah Karimunjawa.

Baca Juga :  Pasangan Muliarta-Suyatra Pimpin AMSI Bali Periode 2021-2024

Sementara Ketua Ukesma UGM Atina Putri Sholihaty menyampaikan bahwa Ukesma Mengabdi di Karimunjawa ini merupakan tahun pertama dalam penyelenggaraannya. Kegiatan ini sebagai wujud penyebarluasan ilmu kepada masyarakat di bidang kesehatan, khsusunya dalam pertolongan pertama.

“Semoga kegiatan ini bisa terus berlanjut di masa mendatang dan Uksema dapat memberikan kontribusi yang lebih besar lagi bagi masyarakat luas,” harapnya. (ika/humas-ugm/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :