Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Sebagian wilayah Pulau Bali bagian utara diguncang gempa bumi tektonik dua kali beruntun, Kamis (18/52017), pukul 19:31:15 WIB dan pukul 20:51:50 WIB.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi pertama berkekuatan M=2.9, dengan episenter pada koordinat 8,06 LS dan 115,36 BT, tepatnya di laut 36 km Barat Laut Karangasem Bali dengan kedalaman 10 kilometer, sedangkan gempabumi kedua berkekuatan M=2.5 dengan episenter 7.93 LS dan 115.22 BT, tepatnya di laut 44 Km Timur Laut Buleleng-Bali dengan kedalaman 17 Km.

Baca Juga :  UGM Dapatkan Dana Hibah PKM DIKTI Terbanyak 

Dampak kedua gempabumi tersebut ini menimbulkan guncangan pada II Skala Intensitas Gempabumi BMKG atau III MMI di sebagian wilayah Pulau Bali bagian utara dimana menurut laporan warga dirasakan di sekitar Tejakula Buleleng. Di daerah ini guncangan dirasakan oleh beberapa orang. Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan rumah akibat gempa bumi ini.

Jika ditinjau lokasi pusat gempabuminya dan kedalaman hiposenternya yang sangat dangkal diduga bahwa gempabumi yang terjadi disebabkan oleh sesar lokal yang aktif.

Baca Juga :  Pertamax Motorsport Drag Bike Championship 2017 Putaran Kedua Digelar Akhir Pekan Ini

Terkait dengan peristiwa gempabumi yang mengguncang wilayah Bali bagian utara ini, maka kepada warga setempat dihimbau untuk tetap tenang mengingat gempabumi yang terjadi kekuatannya relatif kecil, sehingga kemungkinan tidak merusak dan serta tidak berpotensi tsunami. (r/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :