Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM –  Aplikasi Salak Bali sudah di launching secara resmi oleh Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose di Gedung Lembah Pujian Denpasar Barat, Rabu (17/5/2017).

Aplikasi Salak Bali dibangun dengan tujuan utama untuk memudahkan masyarakat agar mendapatkan pertolongan segera ketika menekan tombol SOS atau sinyal darurat sebagai pertanda adanya bahaya yang mengancam masyarakat.

Selain itu terdapat menu untuk menyampaikan secara langsung pengaduan, keluhan ataupun laporan mengenai kejadian yang terjadi di lingkungan masyarakat. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengetahui berita terkini mengenai Polda Bali dan keamanan daerah Bali.

Untuk mengetahui kecanggihan aplikasi ini, masyarakat dapat mendownload aplikasi Salak Bali secara gratis melalui Appstore yang ada di smartphone.

Baca Juga :  Pemerintah Provinsi Bali Terima Penghargaan Provinsi Peduli HAM Tahun 2019

Masyarakat atau dalam aplikasi ini disebut sebagai user diharuskan untuk melakukan registrasi untuk mendaftarkan username (email) dan password yang akan digunakan saat login.

Setelah berhasil melakukan registrasi dan login, pada layar smartphone akan muncul beberapa menu yaitu SOS, Lapor, Riwayat, Berita dan Info Penting.

User dapat melakukan panggilan darurat atau mengirim lokasi user dengan menekan tombol SOS sebanyak tiga kali. Tunggu sampai ada petugas kepolisian yang menangkap sinyal darurat dan menerima panggilan darurat user atau pelapor.

Jika user sudah merasa aman, user dapat menekan tombol “ I’m SAFE’. Dalam 60 detik belum ada petugas yang menangkap sinyal darurat user atau pelapor, maka sinyal darurat user akan langsung masuk ke command center Polda Bali.

Baca Juga :  Ngenteg Linggih di Pura Dadia Agung Kawitan Pasek Kubayan

Pada menu Lapor, user atau masyarakat dapat melaporkan secara langsung pengaduan dan keluhan pada kemacetan, kriminal, narkoba dan kepolisian. Masyarakat diminta untuk menyampaikan laporan sesuai pengelompokan yang telah disediakan.

Caranya yaitu pilih salah satu jenis pengaduan atau keluhan, selanjutnya ambil foto untuk mendukung bukti pengaduan, masukan judul pengaduan dan sertakan penjelasan singkat mengenai pengaduan , keluhan maupun laporan.

Menu Riwayat untuk menampilkan history atau riwayat laporan yang sudah pernah disampaikan melalui aplikasi. History ini hanya menampilkan laporan yang disampaikan oleh pemilik akun yang bersangkutan. Menu Berita menampilkan list berita-berita terkini yang terkait dengan Polda Bali.

Baca Juga :  Sudikerta Apresiasi Turnamen Volly Pengotan Cup 

Masing-masing list berita dapat di klik untuk menampilkan detail informasi tiap berita. Sedangkan pada menu Info Penting menampilkan list nomor telepon dan jarak Polres terdekat yang berada di bawah naungan Polda Bali. Bila salah satu list nomor telepon di klik maka akan diarahkan ke halaman panggilan langsung.

Diharapkan masyarakat Bali segera mendownload aplikasi Salak Bali. Melalui aplikasi Salak Bali masyarakat dan Polri dapat menciptakan keamanan secara bersama-sama. Kriminalitas yang terjadi akan segera terungkap karena Polri akan terbantu dengan kecanggihan yang dimiliki oleh aplikasi ini. (humas-poldabali/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :