Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Sebanyak 495 siswa kelas XII SMKN 5 Denpasar yang lulus 100 persen tahun ini dilepas Kepala SMKN 5 Denpasar Drs. Ketut Sumerta, Sabtu (6/5/2017).

Mereka terdiri dari paket keahlian Seni Kerawitan (61 orang), Seni Tari (52 orang), Usaha Perjalanan Wisata (71 orang), Jasa Boga (158 orang), dan Akomodasi Perhotelan (153 orang).

Pelepasan ditandai dengan penyerahan siswa kelas XII kepada Ketua Komite Made Jonika Adnyana. Saat itu juga diserahkan penghargaan bagi siswa peraih nilai UN tertinggi masing-masing kepada I Gusti Ayu Ari Tresnadewi, Putu Sri Widnyani, I Gusti Agung Rai Martini Wulan, I Gede Angga Krisnanda, Ni Kadek Ayu Intan Christina, I Kadek Indah Suryani Candra, Made Ayu Nilasari Putri, Chatleen Kurnikova Najoan, I Gede Anggara Putra dan Luh Setiya Putri.

Kasek Ketut Sumerta mengaku bangga karena lulusannya tampil percaya diri sebagai SDM berkualitas. Mereka juga lulusan berintegritas, menguasai ilmu, kompetensi dan memiliki sikap moral yang baik. Untuk itu, dia menghimbau siswanya bawa pulang ijazah untuk dipakai bekerja dan melanjutkan studi.

Baca Juga :  Sekda Adi Arnawa Buka Event Contest Meet UP STT. Sanjaya Putra di Penarungan, Ajak Jaga Solidaritas, Kebersamaan, Saling Bersilaturahmi Antar Sesama Anak Muda

Ia mengatakan, sukses lulus 100 persen ini berkat kerja keras siswa dan para guru di sekolah yang menggembleng mereka selama tiga tahun. Untuk menghadapi persaingan di era global, dia menekankan, lulusannya yang berbasis seni dan pariwisata terus mengisi diri.

“Jadilah SDM yang suka bekerja keras, memiliki kompetensi dan daya saing tinggi serta ramah dan santun,” ujar Kasek Ketut Sumerta mengingatkan.

Membanggakan, dari siswa yang dilepas tahun ini sampai berprestasi di tingkat nasional. Mereka yang berprestasi itu yakni Ni Made Carmika Devi meraih juara II LKS Boga bidang servis, dan Chatleen Kurnikova Najoan juara III kompetisi bahasa Jepang.

Yang membanggakan lagi, kata Ketut Sumerta, dari 495 siswa yang lulus tahun ini sebagian besar sudah bekerja. Bahkan sejak menjadi siswa di kelas X mereka sering mendapat job berkesenian dan bekerja di hotel. Makanya dia menegaskan, bahwa tak ada lulusannya yang menganggur.

Apalagi sekolah sejak dini sudah memberikan bekal kewirausahaan kepada siswa.
SMKN 5 Denpasar selain memiliki business centre yang mensinergikan lima paket keahlian siswa untuk bisa dijual kepada masyarakat umum, kini juga dipercaya Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sebagai Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak Pertama (LSP P1) bidang Akomodasi Perhotelan.

Karenanya, ia mengharapkan lulusan SMKN 5 Denpasar bisa memanfaatkan program ini sebagai bekal mencari kerja, selain ijazah dan sertifikat UKK.
Sementara untuk business centre, kata Ketut Sumitra, untuk memperkuat jiwa kewirausahaan lulusan SMKN 5 Denpasar. Dengan begitu, lulusannya begitu tamat sudah memiliki job tersendiri.

Baca Juga :  Penyuluhan Lingkungan Hidup Satgas TMMD Kodim Jembrana Diisi Materi Cara Bijak Mengelola Sampah

Ketua Komite Jonika Adnyana mengacungkan jompol atas prestasi anak-anak SMKN 5 Denpasar. Selain lulus 100 persen, juga memperoleh nilai bagus di UN. Apalagi SMKN 5 Denpasar baru pertama kali menyelenggarakan UNBK.

Dia ingin lulusan SMKN 5 Denpasar semua bekerja dan bekerja sambil melanjutkan studi. Jonika Adnyana juga memotivasi siswa SMKN 5 Denpasar, bahwa yang mampu merubah diri hanyalah diri sendiri dan ilmu pengetahuan. Makanya, SMKN 5 Denpasar takboleh berpuas diri sampai disini, melainkan terus melahirkan kreativitas dan berinovasi. (tis/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :