Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Jika tahun lalu naskah ujian nasional disimpan di masing-masing sub rayon, untuk tahun ini naskah Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP) tingkat SMP/MTs di Kota Denpasar, disimpan di kantor Disdikpora Kota Denpasar.

Guna menjamin keamanan  soal ujian  yang masuk dalam katagori dokumen rahasia negara tersebut disimpan di kantor Disdikpora Kota Denpasar, mendapat penjagaan ekstra ketat aparat kepolisian selama 24 jam setiap harinya.

Soal UNKP itu baru didistribusikan ke sekolah-sekolah penyelenggara UNKP beberapa jam sebelum UNKP berlangsung.
“Kita semua, termasuk pengawas maupun siswa baru melihat soalnya hari itu juga. Peluang kebocoran itu kita tutup rapat,’’  kata Kabid Pembinaan Pendidikan SMP Disdikpora Kota Denpasar, Wayan Supartha.

Sementara itu, proses pendistribusian naskah soal UN SMP/MTs ke masing-masing kabupaten/kota se-Bali menggunakan sembilan mobil boks. Pendistribusian mendapat pengawalan ekstra ketat aparat kepolisian bersenjata lengkap dari Polda Bali.

Baca Juga :  Lahirnya Guru Penggerak di Kota Denpasar

Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Bali, Wayan Serinah mengatakan, jumlah peserta UN SMP/MTs di Bali tercatat 66.684 siswa. Terdiri dari 66.423 siswa SMP dan 2.261 siswa MTs.
Dari jumlah itu, 13.778 siswa SMP/MTS peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), dan 52.906 siswa SMP/MTs peserta UNKP. Ada empat mata pelajaran yang akan di-UN-kan, yakni Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan IPA.

Serinah juga mengingatkan seluruh siswa SMP/MTs yang akan mengikuti UN agar tidak percaya dengan SMS alias pesan singkat berisi jawaban soal. Jika ada SMS seperti itu, dipastikan itu kunci jawaban palsu yang justru akan merugikan para peserta ujian. ‘’Lebih baik siswa mempersiapkan diri dengan baik, tetap belajar dan berdoa. Jangan percaya dengan kunci-kunci jawaban yang beredar lewat SMS karena itu menyesatkan,” tegasnya, sembari berharap pelaksanaan UN SMP/MTs berjalan lancar seperti pelaksanaan UN SMA/SMK. (tis/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :