Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) Paket C (setara SMA) tahun ini dilaksanakan hanya pada Sabtu dan Minggu. UNPK dilaksanakan pada 15-16 April 2017 dan 22- 23 April 2017. UN dilakukan dua pekan dan keduanya pada Sabtu- Minggu.

‘’Jadwal pelaksanaan UNPK tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun lalu UNPK dilaksanakan bersamaan dengan UN pendidikan formal,’’ jelas Kabid Pembinaan PAUD dan PNF Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar, Made Merta, Jumat (14/4/2017).

Disisi lain, Made Merta, merasa khawatir terkait kehadiran peserta UNPK pada pelaksanaan ujian hari pertama, Sabtu  ini, karena bertepatan dengan hari raya Kuningan. Di Kota Denpasar ujian tersebut diikuti 378 orang dari 15 Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM).

‘’Kami khawatir banyak yang absen. Namun, kami sudah mewanti-wanti pengelola PKBM agar selalu mengingatkan peserta ujian untuk hadir tepat waktu dan bisa mengikuti rangkaian ujian sampai tuntas,’’ kata Made Merta.

Baca Juga :  Ini Penjelasan Seskab Soal Terpilihnya Pudjoharsoyo Sebagai Sekretaris Mahkamah Agung

Made Merta menambahkan, pendidikan kesetaraan di PKBM tidak melaksanakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), tapi hanya melaksanakan ujian sekolah dan UN. Dalam UN ada tujuh mata pelajaran (mapel) yang diujikan. “Ujian akan dilaksanakan satu sesi dengan dua mata pelajaran yang diujikan dalam sehari,” katanya.

Made Merta berharap pelaksanaan UNPK khsusunya yang menyelenggarakan UNBK tahun ini berjalan lancar tanpa kendala. Terutama kendala teknis seperti listrik atau jaringan internet. (pra/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :