Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Pelaksanaan Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) Paket C (setara SMA) tahun 2017 UNPK hanya dilaksanakan tiap Sabtu dan Minggu selama dua pekan. Pada hari pertama ujian Sabtu (15/4/2017), para peserta berhadapan dengan soal-soal Bahasa Indonesia dan Geografi untuk program IPS, sementara program IPA diujikan Bahasa Indonesia dan Kimia.

Pada Minggu (16/4/2017), peserta UNPK program IPS akan menjawab soal-soal Matematika dan Sosiologi, sedangkan peserta program IPA menjawab soal-soal Matematika dan Biologi.

Selanjutnya, UNPK dilanjutkan Sabtu (22/4) dan Minggu (23/4) mendatang. Pada program IPS akan menjawab soal-soal Bahasa Inggris, Ekonomi dan terkahir PKN. Sementara program IPS diujikan Bahasa Inggris, Fisisika dan terakhir PKn. ‘’Dari 378 peserta UNPK, hanya 21 peserta yang mengikuti program IPA, sedangkan sisanya mengikuti program IPS,’’ jelas Kabid Pembinaan PAUD dan PNF Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar, Made Merta, Jumat (14/4/2017).

Dalam menjawab soal-soal mereka disediakan waktu 120 menit pada masing-masing mata pelajaran. Pelaksanaan ujian dimulai pukul 07.30. Peserta yang berhak mengikuti UNPK harus melewati seleksi atau persyaratan yang ketat.

Baca Juga :  Distan Denpasar Panen Perdana Jagung Ketan Hitam

Mereka harus terdaftar sebagai siswa atau warga belajar di salah satu PKBM yang terdaftar, mereka juga mesti hadir saat proses pembelajaran yang dibuktikan dari daftar hadir siswa dan totor, mereka juga memiliki nilai semester yang tertuang dalam rapor, dan memiliki ijazah SMP atau Kejar Paket B. ‘’Persyaratan untuk mengikuti UNPK Paket C cukup ketat, dalam rangka menghindari peserta bodong,’’ katanya.

Made Merta menyebutkan, lulusan Kejar Paket punya hak egibilitas yang sama dan setara dengan pemegang ijazah sekolah formal SD, SMP dan SMA untuk mendaftarkan diri pada satuan pendidikan yang lebih tinggi. Selain itu, mereka juga punya peluang yang sama untuk bersaing memperebutkan lowongan pekerjaan baik pada instansi pemerintah (PNS) maupun swasta. (pra/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :