BALIPORTALNEWS.COM – Hari Minggu bukan hari libur bagi sosok Walikota I.B Rai Dharmawijaya Mantra dalam memimpin Kota Denpasar. Disamping menghadiri kegiatan kepemerintahan, aktivitas Rai Mantra juga tampak terlihat disetiap aktivitas yang dilaksanakan masyarakat Kota Denpasar. seperti pada Minggu (5/2/2017).

Walikota Rai Mantra tampak hadir dan membuka secara resmi event Youth Day serangkaian Hut Ke-80 Sekaa Teruna Yowana Saka Bhuwana (STYSB) Banjar Tainsiat, Desa Dangin Puri Kaja Kecamatan Denpasar Utara.

Kehadiri Walikota Rai Mantra mengendarai sepeda motor langsung disambut masyarakat yang telah memadati areal event Youth Day dikawasan Jl. Veteran Denpasar. Pelaksanaan event diawali jalan santai yang menempuh rute Jl. Patimura, Jl. Melati, Jl. Surapati, menuju kearah Jl. Kapten Japa, Jl. Kapten Regug, menuju Jl. Udayana, dan menuju Finish kawasan Jl. Veteran. Kibasan bendera Start Walikota Rai Mantra yang langsung mengikuti alur rute bersama-sama tokoh masyarakat desa dan banjar setempat.

Sampai akhir Finish Walikota Rai Mantra juga berkesempatan meninjau stand kuliner sembari mencicipi Nasi Sela, Pak De Tapa yang  juga dimeriahkan lawakan Celekontong Mas. Pada puncak acara Youth Day ditandai dengan pemukulan Kulkul oleh Rai Mantra bertempat di Catuspata Patung Cokorda Mantuk Ring Rana kawasan banjar setempat.

Baca Juga :  Desa Peguyangan Kaja Gencarkan Pendataan Duktang dan Sosialisasi Penerapan Prokes

“Kami sangat menghagai setiap kreativitas yang dilaksanakan masyarakat, seperti saat ini yang dilaksanakan Sekaa Teruna Banjar Tainsiat lewat Youth Day,” ujar Rai Mantra.

Lebih lanjut dikatakan Tainsiat tidak pernah berhenti berkreativitas dari kalangan tua hingga sekaa teruna. Bahkan kreativitas Sekaa Teruna Tainsiat lewat ogoh-ogoh setiap tahunnya menjadi barometer di Denpasar bahkan di Bali, serta ide-ide dan kreativitas baru Ogoh-ogoh terus dimunculkan Sekaa Teruna Tainsiat.

Rai Mantra mengharapkan kegiatan Youth Day dapat memberikan vibrasi kepada sekaa teruna lainnya di Denpasar, karena setiap kegiatan tak terlepas dari kreativitas. Serta kegiatan Youth Day juga telah tampak peningkatan jiwa kewirausahaan, kreativitas seni, dan kegiatan sekaa teruna dapat terus bangkit dan berkembang.

Dengan tema Youth Day, Rai Mantra juga mengingatkan kepada Sekaa Teurna Tainsiat agar tidak melupakan Bahasa Bali, dengan harapan setiap kegiatan dapat menggunakan petikan Bahasa Bali dan terus melibatkan semua potensi yang dimiliki masyarakat banjar.

“Semoga acara seperti ini memberikan vibrasi kepada sekaa teruna lainnya di Kota Denpasar, sehingga mampu bangkit maju dan berkembang,” ujarnya.

Baca Juga :  Gandeng Kepolisian, Astra Motor Bali Ajak Mitra Grab Utamakan Etika Berlalu lintas

Ketua STYSB Banjar Tainsiat yang baru saja dilantik Ketut Gede Arya Narendra didampingi ketua panitia event Youth Day A.A Bagus Agung Dody Erawan mengatakan Youth Day dilaksnakan sehari serangkaiun Hut STYSB memebrikan ruang dan kreativitas kepada anggota sekaa teruna dan warga banjar tainsiat. Terdapat 25 stand yang terdiri dari stand kuliner, satu food truck, serta juga melibatkan komunitas “Malu Dong” buang sampah sembarangan.

Adapun agenda acara meliputi, pelantikan pengurus STYSB, jalan sehat, band perfom, donor darah, mural, pemeriksaaan kesehatan gratis, DJ Perform, dan kerajinan berlangsung sehari dari pukul 06.00-21.00 Wita di Catus Pata Tainsiat.

“Kita ingin dalam kesempatan ini memebrikan edukasi kepada masyarakat untuk tidak buang sampah sembarangan dengan kieterlibatan komunitas,” ujarnya.

Setelah membuak Youth Day, Walikota Rai Mantra juga berkesempatan membuka Festival Qasidah Rabana dan Banjari di Lapangan Lumintang ditandai dengan pemukulan Rabana. (ngurah/humasdps/bpn)