BALIPORTALNEWS.COM – Pengamat pendidikan, Prof. Dr. Ir. Putu Rumawan Salain, M.Si.,  mengapresiasi positif tim penegakan disiplin Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar melaksanakan sidak ke sejumlah warung guna menjaring siswa yang keluyuran saat jam pelajaran efektif.

‘’Asalkan tidak bersifat hangat-hangat tahi ayam, sidak-sidak seperti ini tentu sangat positif untuk meminimalisasi jumlah siswa yang keluyuran. Kami harapkan agenda ini terprogram dengan baik. Bahkan bila memungkinkan, Disdikpora Kota Denpasar dengan menggandeng lembaga terkait seperti Dewan Pendidikan dan PGRI membentuk semacam tim monitoring untuk menegakkan disiplin siswa,” kata Rumawan Salain, Rabu (9/11/2016).

Menurut guru besar Universitas Udayana ini, fenomena banyaknya siswa yang keluyuran saat jam pelajaran efektif dan menjadikan warnet maupun warung sebagai tempat mangkal, wajib disikapi serius oleh pihak sekolah maupun Disdikpora di seluruh Bali. Sebab, fenomena seperti ini tidak hanya terjadi di Denpasar.

“Ajang membolos ini sering digunakan untuk merencanakan kegiatan-kegiatan yang negatif seperti mabuk-mabukan termasuk geng motor,” cetusnya.

Dia menyarankan, Disdikpora punya tim monitoring yang berfungsi untuk menegakkan disiplin siswa. Tim sejenis juga perlu dibentuk di masing-masing sekolah yang digerakkan oleh wakil kepala sekolah bidang kesiswaan dan guru-guru bimbingan konseling. Fenomena siswa membolos ini sudah cukup meresahkan.

Rumawan Salain juga mendesak Dinas Tramtib dan Satpol PP Kota Denpasar mengintensifkan pengawasan terhadap ruang publik yang sering dijadikan tempat mangkal anak sekolah, seperti warnet dan mall. Bahkan, perlu ada aturan khusus yang melarang pemilik usaha untuk menerima kunjungan siswa saat jam pelajaran efektif terutama bagi mereka yang masih mengenakan seragam sekolah. ”Harus ada regulasi seperti itu jika dunia pendidikan kita tidak mau kecolongan. Masalah yang saat ini mungkin dianggap sepele ini wajib disikapi secara serius karena masalah sepele ini sangat potensial berkembang menjadi permasalahan besar seperti aksi tawuran antarpelajar maupun kenakalan-kenakalan remaja lainnya yang bersifat serius,” tegasnya.

Sebelumnya, tim penegakan disiplin Disdikpora Kota Denpasar yang dipimpin Plt. Kadisdikpora Kota Denpasar, Ir. Nyoman Ngurah Jimmy Sidharta W., MT., menyidak sejumlah warung di seputaran Jalan Menuh Denpasar. Hasilnya, sejumlah siswa SMP dan SMA yang kedapatan tengah membolos sekolah dan nongkrong di sebuah warung diamankan.

Pelajar yang tertangkap tangan membolos itu pun langsung diberi pengarahan dan pembinaan di tempat. Pihak sekolah pun langsung dipanggil dan menjemput siswa yang kedapatan bolos itu untuk selanjutnya diberi pembinaan sesuai tata tertib sekolah. (pra/bpn)

Keterangan Foto : BOLOS SEKOLAH – Plt. Kadisdikpora Kota Denpasar, Nyoman Ngurah Jimmy Sidharta memberikan pembinaan kepada siswa yang kedapatan nongkrong di warung pada jam belajar, Jumat (4/11/2016).

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini