BALIPORTALNEWS.COM Bertepatan dengan purnama sasih kapat, Sabtu (15/10/2016), Wakil Bupati Badung Drs. I Ketut Suiasa, SH menghadiri karya mecaru, melaspas dan mendem pedagingan di Pura Taman Begendrasari, Desa Gerih Abiansemal.

Pada kesempatan itu Wabup. Suiasa mendem di pelinggih gedong utama, dilanjutkan penandatanganan prasasti dan persembahyangan bersama.

Wabup. Suiasa sangat mengapresiasi, pasemetonan warga bendesa Gerih se-Bali selaku pengempon Pura yang telah berhasil memperbaiki parahyangan ida bhatara Pura Taman Begendrasari ini. Terlebih krama pengempon sekaligus langsung dapat melaksanakan upacara pemelaspas.

Hal ini menurutnya sebagai salah satu dari swadarmaning agama yang patut dilaksanakan oleh masyarakat. Tujuannya tiada lain guna memohon keselamatan, dan kesejahteraan, disamping sebagai upaya meningkatkan rasa bhakti dan rasa persatuan dan kesatuan diantara krama pemaksan. Pemerintah Kabupaten Badung senantiasa akan selalu mendukung dan siap membantu masyarakat kaitannya dengan seni budaya, adat dan agama.

Karena hal tersebut telah menjadi komitmen dan prioritas dari Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dan Wabup. Ketut Suiasa dalam upaya melestarikan seni, adat, agama dan budaya yang ada. 

Manggala Karya I Wayan Wirawan mengatakan, terlaksananya karya melaspas dan mendem pedagingan ini, tidak terlepas dari selesainya pemugaran Pura Taman Begendrasari Gerih. Hal ini terlaksana, juga sudah berdasarkan persetujuan pasemetonan warga bendesa gerih se-Bali.

Dijelaskan untuk pemugaran pura telah dilaksanakan di tahun 2016 ini dan dilanjutnya upacara melaspas lan mendem pedagingan. "Karena perbaikan pura sudah selesai, kami langsung melaksanakan upacara melaspas pada purnama kapat ini. Namun untuk pujawali di pura ini dilaksanakan setiap Purnama Kedasa.

Sehingga pada purnama kedasa yang akan datang dilaksanakan karya dengan tingkatan yang lebih besar," imbuhnya. Pura Taman ini kaempon oleh sebanyak 15 ribu KK se-Bali dan luar Bali dan kebanyakan di Kabupaten Badung. Diungkapkan menurut sejarah, Pura ini dibangun pada tahun 1613 dan kembali dipugar tahun 2016 ini.

 

Keterangan Foto : Wakil Bupati Badung Drs. I Ketut Suiasa, SH menghadiri karya mecaru, melaspas dan mendem pedagingan di Pura Taman Begendrasari, Desa Gerih Abiansemal.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini