BALIPORTALNEWS.COMMasyarakat Br. Karangdalem I, Desa Bongkasa Pertiwi melaksanakan Upacara Pitra Yadnya Atma Wedana lan Manusa Yadnya berupa Mepandes secara massal, yang merupakan program setiap 3 (tiga) tahun sekali. Upacara ini dihadiri Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa didampingi anggota DPRD Badung I Nyoman Widnyana, Camat Abiansemal Putu Ngr. Thomas Yuniarta, Perbekel Bongkasa Pertiwi I Made Suarjana, Perbekel Bongkasa I Ketut Luki serta tokoh masyarakat setempat, bertempat di Bale Subak Karangdalem. Selasa (25/10/2016).

Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menyampaikan, apresiasi dengan adanya pelaksanaan yadnya seperti ini apalagi berdasarkan kesepakatan dan Perarem masyarakat dan yadnya yang dilaksanakan sesuai dengan agama hindu. Diharapkan kedepannya yadnya seperti ini dapat berkelanjutan dan bisa dilaksanakan oleh Desa Adat selaku penyelenggara dan nantinya dana yang dihabiskan akan ditanggung Pemerintah, begitu pula pembangunan di Kahyangan Tiga yang ada di Desa Adat, dengan tujuan dapat meringankan beban masyarakat dari segi pembiayaan agar masyarakat dapat sejahtera.

Disamping itu masyarakat diharapkan dalam melaksanakan Yadnya dapat menjalin rasa kebersamaan paras paros sarpanaya, segalak segilik selunglung sebayantaka, karena Yadnya yang dilaksanakan sebagai sarana pembayaran utang Niskala yang harus dilakukan dengan lascarya. Untuk meringankan beban masyarakat Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa mepunia Rp. 30 juta.

Sementara itu Ketua Panitia IB. Manudresta melaporkan, pelaksanaan upacara Pitra Yadnya Atma Wedana ini merupakan pelaksanaan yang pertama kali di br. Karangdalem I yang merupakan program setiap 3 (tiga) tahun sekali dan telah tertulis di Perarem banjar. Didalam pelaksanaan upacara sebagian besar dilakukan masyarakat sebagai sarana pembelajaran bagi generasi penerus untuk dapat melanjutkan kedepannya. P

elaksanaan upacara Pitra Yadnya ini diikuti 13 Sawa, 10 orang Mepandes dan 15 orang Mepetik, yang dipuput Ida Pedanda Gede Rai Gadung dari Griya Karangdalem I. Biaya yang dihabiskan diperkirakan sebesar Rp. 100 juta, dengan sumber dana swadaya dari kas banjar Adat dan bantuan dari Desa Dinas sebesar Rp. 50 juta. (hms badung/bpn)

 

Keterangan Foto : Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa didampingi anggota DPRD Badung I Nyoman Widnyana disaat menghadiri Upacara Pitra Yadnya Atma Wedana lan Manusa Yadnya bertempat di Bale Subak Karangdalem. Selasa (25/10/2016).

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini