BALIPORTALNEWS.COMPenyakit cacingan atau kecacingan salah satu penyakit menular yang sangat menggangu pertumbuhann dan kecerdasan anak-anak sebagai generasi penerus. Bahaya cacingan juga menggangu potensi kecerdasan anak karena nutrisi yang harusnya diserap oleh otak diserap oleh cacing yang ada didalam tubuh.

Melihat akan bahaya cacingan pada anak, TP PKK Pusat menggandeng TP PKK Kota Denpasar melakukan gerakan bersama waspada cacingan. Pelaksanaan gerakan waspada cacingan untuk anak Indonesia cerdas, Kamis (13/10/2016) di Gedung Wanita Santhi Graha Denpasar dihadadiri Ketua Pokja 4 TP PKK Pusat drg. Laksmi Widyastuti, Wakil Ketua II TP. PKK Provinsi Bali Wahyani Wija, Ketua TP PKK Kota Denpasat I.A Selly Dharmawijaya Mantra serta pengurus TP PKK Kota Denpasar, guru-guru PAUD dan petugas kesehatan.

Pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan pemaparan pengenalan cacingan yang melibatkan dr. Sugita Adnyana, Spa dari RS. Sangglah dan pemaparan gerakan bersama waspada cacingan yang dilanjutkan dengan simulasi permainan “Cacing tangga”. Terdapat 10 kelompok Ibu-ibu yang hadir dalam kegiatan ini dengan masing-masing kelompok terdiri dari 10 orang peserta melakukan permainan bersama yang diselingi dengan pertanyan-pertanyaan pengetahuan tentang kewaspadaan cacingan. “Permainan ini sama dengan permainan ular tangga pada umumnya, namun kita selipkan dari setiap langkah permainan beberapa pertanyaan untuk lebih melakukan gerakan yang menarik dalam sosialisasi kewaspadaan cacingan,” ujar Ketua Pokja 4 TP PKK Pusat drg. Laksmi Widyastuti.

Lebih lanjut dikatakan keterlibatan kader-kader PKK Denpasar tentunya memberikan kecepatan dalam mensosiliasaikan kewaspadaan cacingan. Seperti keberadaan banjar-banjar untuk melibatkan masyarakat lingkungan dalam kewaspadaan cacingan. Disamping itu menggerakan masyarakat agar mau mencegah dan mengobati penyakit cacing, serta para kader dan tim penggerak PKK dapat mendata yang sudah terobati. “Kita mengajak seluruh kader PKK dengan memberikan pemahaman masalah cacing kepada anak-anak usia sekolah untuk dapat kita atasi bersama,”ujarnya.

Ketua TP. PKK Kota Denpasar I.A Selly Dharmawijaya Mantra mengatakan PKK sebagai organisasi yang dibentuk dari, oleh dan untuk masyarakat dapat ikut serta membantu pemerintah dalam pembangunan bidang kesehatan melalui 10 program pokok PKK. Disamping itu pemberdayaan masyarakat dibidang kesehatan juga terus diupayakan seperti penyelenggaraan posyandu di banjar-banjar, pemasyarakatan prilaku hidup bersih dan sehat, pembiasaan cuci tangan bagi anak sekolah, serta membantu program pemberian obat cacing oleh puskesmas.

Dari gerakan bersama ini dengan digandeng PKK pusat menjadi kesempatan kader-kader PKK, hingga seluruh tenaga kesehatan dan guru yang terlibat untuk bersinergi, berkoordinasi dalam pelaksanaan pembangunan kesehatan bersama. “Semoga melalui gerakan waspada cacingan ini, anak-anak di Kota Denpasar dapat dientaskan dari penyakit cacingan,”ujar Selly. (pur/hms dps/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini