BALIPORTALNEWS.COMPrestasi Siswa SMA Negeri Bali Mandara (SMANBARA) seakan tiada habisnya. Untuk kesekian kalinya siswa sekolah besutan Pemprov Bali ini kembali menorehkan prestasi yang membanggakan, dan kali ini mereka berjaya di ajang kompetisi penelitian di tingkat  nasional. Demikian disampaikan Kepala Biro Humas Setda Provinsi Bali Dewa Gede Mahendra Putra dalam siaran persanya, Jumat (7/10/2016).

KLIK GAMBAR DI ATAS UNTUK MENDAPATKAN INFORMASI LEBIH LANJUT !!!

Dijelaskan Dewa Mehendra Dua tim peneliti SMANBARA berhasil meraih  posisi juara umum dalam ajang Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) 2016 yang di gelar Kementrian Kebudayaan dan Pendidikan (Kemendikbud) Republik Indonesia di Jakarta dari tanggal 2 sampai dengan 7 Oktober 2016.

Baca Juga :  Jalani Rapid Test, Ratusan Anggota Kodim 1623/Karangasem Dinyatakan Negatif

“ Dua Tim SMANBARA berhasil masing masing meraih juara satu dan menyabet dua medali emas sekaligus di ajang bergengsi bagi para peneliti muda tersebut. Otomotis SMANBARA menjadi juara umum di ajang tersebut,” ujarnya.

Lebih jauh ia merinci prestasi yang diraih adalah Juara I Tingkat Nasional Bidang Sains dan Teknologi  yang diraih Made Radikia Prasanta Bagus Putu Satria Suarima Putra dengan hasil penelitian  Inovasi Digital Smart Pshycrometer. Alat inimerupakan inovasi memberikan prediksi dan informasi cuaca lokal khususnya bagi petani untuk dapat mengelola lahan pertanian dan pola tanam. masih di ajang yang sama prestasi lainnya adalah juara I di Bidang Matematika dan Rekayasa dengan hasil penelitian  Melestarikan kearifan seni dan kebudayaan Bali dalam hal penguasaan teknikmegambel berbantuan teknologi portable yang merupakan hasil karya  Muhammad Ali Wafa dan Kadek Aprilia Dewi.   

Baca Juga :  Yuk, Intip Rahasia 3 Tombol pada Remote Smart Key Honda

Tidak hanya di ajang OPSI 2016, kepiawaian para peneliti SMANBARA juga diakui di ajang  National Young Inventor Award (NYIA) 2016 yang digelar Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dengan meraih penghargaan special Award dari Intel dengan hasil penelitian Smart Trash Can berupa pemilahan sampah secara otamatis dalam upaya mengurangi sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang dilakukan Gede Herry Arum Wijaya dan Ni Putu Gita Naraswati.

Dewa Mahendra  juga mengungkapkan kekagumannya akan hasil penelitian para siswa tersebut yang diharapkan dapat bermanfat bagi masyarakat dan lingkungan.  

Baca Juga :  Terapkan Protokol Covid-19, Perawatan Taman di Buleleng Tetap Berjalan Baik

“Prestasi anak anak ini sungguh membanggakan, dan tentunya sangat diapresiasi Bapak Gubernur. Komitmen dan upaya Pemprov untuk membantu pendidikan anak anak miskin melalui pendirian  SMANBARA berbuah  sangat manis.  Semoga prestasi ini bisa menginspirasi dan  memotivasi siswa siswa lainnya untuk menggali potensinya secara maksimal dalam menciptakan inovasi dan kreasi yang berguna bagi lingkungan dan masyarakat. Dan kita harapkan akan banyak bibit peneliti muncul dari generasi muda,” ujarnya. (hms prov bali/bpn)