BALIPORTALNEWS.COMMenyambut serta memeriahkan HUT Ibukota Badung "Mangupura" ke-7 tahun 2016 ini dan bulan bahasa, pemkab badung melalui Dinas Kebudayaan menggelar lomba nyastra. Lomba tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati badung diwakili Sekda Badung Kompyang R. Swandika di Wantilan Kantor DPRD Badung, Puspem Badung, Kamis (20/10/2016). Kegiatan tersebut juga dihadiri Istri Wakil Bupati Badung Ny. Kristiani Suiasa serta Kadis Kebudayaan IB Anom Bhasma.

Sekda Kompyang R. Swandika dalam dharma wecananya menekankan bahwa di negara maju, pembangunan sumber daya manusia menjadi tujuan utama, dimana dengan pendidikan karakter akan dapat menumbuhkan mental spiritual menuju masyarakat shanti dan jagadhita.

Untuk itu Sekda mengharapkan kepada seluruh elemen masyarakat agat tetap menjaga dan memelihara keberadaan sastra-sastra salah satunya melalui lomba nyastra ini. "Bila sastra-sastra sudah ajeg, budayapun juga akan tetap tumbuh sebagai jati diri bangsa. Bila itu tercapai kita akan menjadi tangguh, kuat dan berbudaya menuju jagat Badung yang mandiri," jelasnya.

Melalui lomba nyastra ini, Sekda mengharapkan khususnya bagi generasi muda dapat dipakai sebagai dasar dan panutan dalam melaksanakan swadarma sehari-hari, disamping dapat menumbuhkembangkan rasa wirang lan sutindihterhadap seni sastra dan budaya Bali.

"Kami sangat mengapresiasi khususnya kepada para peserta yang notabena para pelajar dan generasi muda yang sudah ikut berperan dalam melestarikan sastra-sastra agama yang adiluhung," katanya.

Sementara Kadis Kebudayaan Badung IB Anom Bhasma melaporkan, bahwa lomba nyastra yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini bertujuan melestarikan bahasa dan sastra agama Hindu yang terdapat dalam pustaka-pustaka suci. Jenis lomba meliputi mececimpedan tingkat SD, mesatua bali tingkat SD putra-putri, nyurat lontar tingkat SMP putra-putri, prasidewasa putra-putri, mengarang cerpen bali modern tingkat SMA putra-putri, puisi bali tingkat SMA putra-putri, pidarta basa bali tingkat SMP putra-putri dan membaca berita basa bali tingkat SMA putra-putri.

Lomba nyastra kali ini diikuti duta dari masing-masing Kecamatan di badung. Masing-masing Kecamatan mengirim dutanya sebanyak 16 orang, sehingga jumlah seluruh peserta 96 orang. "Sebulan sebelum lomba, para peserta sudah diberikan pembinaan dari tim pembina kabupaten badung," tambahnya. (hms badung/bpn)

 

Keterangan Foto : Sekda Badung Kompyang R. Swandika didampingi Ketua WHDI Ny. Kristiani Suiasa di Wantilan Kantor DPRD Badung, Puspem Badung, Kamis (20/10/2016).

 

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini