BALIPORTALNEWS.COM – Dalam upaya mengajak seluruh lapisan masyarakat terutama anak-anak generasi penerus bangsa, untuk sejak dini gemar makan ikan (Gemarikan) dan juga untuk memasyarkatkan makan ikan, mengingat ikan memiliki komposisi nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan, kecerdasan dan pertumbuhan, Pemerintah Kota Denpasar setiap tahunnya mengadakan kegiatan Gemarikan melalui Pemberian Makan Tambahan bagi Anak Sekolah (PMTAS), Kamis (20/10/2016) di Lapangan Parkir Taman Kota Lumintang.

Dimana acara ini di hadiri dan disaksikan langsung oleh Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra, yang pada kesempatan ini didampingi Ketua FORIKAN Kota Denpasar Ny. Selly Mantra sekaligus membuka acara yang di tandai dengan menyuapi makanan olahan ikan kepada anak-anak sekolah.

"Gerakan memasyarakatkan makan ikan mempunyai peran yang sangat penting dan strategis dalam mencerdaskan masyarakat dan derajat kesehatan masyarakat, dikarenakan melalui makan ikan, masyarakat akan menjadi semakin sehat, anak-anak akan semakin cerdas dan kuat, ini semua disebabkan ikan begitu banyak mengandung zat-zat yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh seperti protein, mineral, asam amino dan yang utama ialah omega-3," kata  Ketua FORIKAN Kota Denpasar Ny. Selly Mantra.

Safari gerakan memasyarakatkan makan ikan ini diharapkan dapat mendorong terwujudnya keanekaragaman pangan berbahan baku ikan yang berdampak pada kekuatan dan kecerdasan masyarakat, serta diharapkan semakin banyak masyarakat mengkosumsi ikan sehari-hari dalam keluarga.

“Saya menghimbau dan mengajak seluruh masyarakat Kota Denpasar, mulai dari anak-anak hingga yang dewasa untuk membiasakan makan ikan, dikarenakan sumber makanan ini sangat mudah didapat selain tersedia di pasar, dilingkungan tempat tinggal kita pun banyak tersedia sumber makanan ikan ini disebabkan Pemkot Denpasar sudah secara rutin telah melakukan penebaran benih ikan”, ungkap Selly Mantra.

Sementara Kepala Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan Kota Denpasar AA Gede Bayu Brahmasta mengatakan, kegiatan GEMARIKAN selain mengajak dan menggugah kemauan masyarakat untuk menyukai ikan, juga untuk mendorong minat masyarakat untuk terus berkreasi menciptakan menu baru sehingga minat masyarakat untuk mengkosumsi ikan meningkat.

Oleh sebab itu hari ini juga diadakan lomba masak serba ikan yang di ikuti oleh 8 kelompok dari masing-masing kecamatan. Dan untuk Pemberian Makan Tambahan bagi Anak Sekolah diberikan kepada 150 orang anak-anak dari SD 17 Dauh Puri, SD 22 dan SD 33 dengan masing-masing 50 orang anak dari setiap sekolah. (ays’/hms dps/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini